ESA FKIP UNISMA Mengasah Softskill melalui SWEAT

Dilihat Telah dilihat : 61 kali.  

ESA FKIP UNISMA Mengasah Softskill melalui SWEAT

Himaprodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unisma, melalui English Students Association (ESA), telah melaksanakan Social Work and Extra Teaching (SWEAT) 2019 di Desa Tambakasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang tertuang dalam program kerja tahunan ESA.

Adapun kegiatan pokok SWEAT 2019 ini diikuti oleh 30 mahasiswa yang berlangsung selama 2 minggu (24 agustus s/d 8 September 2019). Kegiatan SWEAT 2019 sengaja didesain untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh mahasiswa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan pengajaran di beberapa sekolah. Pengabdian yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa ESA adalah menghidupkan musholla dengan kegiatan sholat berjamaah, tahlil setiap malam jumat, serta membantu masyarakat dalam mengisi kegiatan di bulan Agustus. Sedangkan kegiatan pengajaran sudah dilaksanakan di hampir seluruh jenjang, mulai tingkat Paud, TK, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA Negeri 1 Sumberanjing Wetan.

Tanggapan masyarakat terhadap kegiatan SWEAT 2019, dengan tema “Small Steps For A Big Change“, mendapat apresiasi yang sangat baik. Mulai dari Kepala Desa, Kepala Dusun, Para Kepala Sekolah, Masyarakat Desa, hingga Para Siswa menanggapi kegiatan ini dengan sangat positif.

Terbukti dari kegiatan penutupan kegiatan SWEAT 2019, banyak masyarakat yang meminta mahasiswa untuk mengabdi lebih lama. Terlebih, menurut Kepala Sekolah SMA Negeri Sumbermanjing Wetan, “dengan hadirnya mahasiswa Unisma di sekolah kami, para siswa kembali termotivasi untuk belajar lebih giat, dikarenakan mereka mendapatkan pengalaman baru yang selama ini sekolah kami belum pernah ada mahasiswa yang melaksanakan pengabdian di sana (Ketut)”.

Selain melaksanakan pengabdian dan pengajaran, di penghujung kegiatan SWEAT 2019, mahasiswa ESA juga melaksanakan bakti sosial dengan cara memberikan hadiah kepada siswa berprestasi di setiap jenjang pendidikan, serta juga dengan memberikan bingkisan sembako kepada masyarakat sekitar.

Penulis ESA

Need Help? Chat with us