Rayakan Dies Natalis Ke – 43, Unisma Fokus Tingkatkan Reputasi Internasional

(Unisma) memasuki usia ke – 43. Pada Rabu (28/3) lalu digelar Rapat Terbuka Senat Unisma dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 43 tersebut.

Peringatan tahun ini mengangkat tema Meneguhkan Pengabdian untuk Negeri dengan spirit Entrepreneurial University menuju world class university.

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menyebutkan dengan tema tersebut sejalan dengan visi Unisma untuk menjadi Universitas Kelas Dunia.

“Cita-cita menjadikan Unisma sebagai universitas kelas dunia harus ditopang kualitas pendidikan, penelitian, pengabdian kelas dunia,” tuturnya.

Sehingga selama 9 tahun terakhir Unisma meningkatkan visibilitas universitas dengan memperkuat jejaring akademik baik nasional maupun internasional, penguatan kelembagaan, manajemen mutu, hingga peningkatan kualitas SDM.

Berbagai langkah sudah ditempuh oleh Unisma untuk menjadi world class university, mulai dari periode good university governance, learning university, research university dan entrepreneurial university.

“pada kesempatan yang baik ini, kami sampaikan capaian Unisma dalam kurun waktu Desember 2014 hingga Maret 2024 (9 tahun terakhir) agar dapat dijadikan landasan pengembangan Unisma di masa mendatang,” terang Maskuri.

Berbagi peningkatan terus dicapai oleh Unima dari tahun ke tahun, mulai dari sisi sarana prasarana hingga SDM.

Maskuri menyebutkan apabila dilihat dari sisi sarana dan prasarana sebagai bagian dari instrumen kelengkapan pembelajaran, meliputi gedung, laboratorium dan sebagainya menurutnya sudah sangat memadai.

“Dilihat dari sisi SDM, alhamdulillah yang doktor sdh mencapai 75 persen dan kita sudah punya 24 guru besar,” ungkapnya.

Kemudian apabila dilihat dari sisi arah reputasi Unisma pada tingkat Nasional, Unisma berada pada posisi rangking ke 14 dari 4.200 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia dan ranking ke 3 dari 328 PTS di Jawa Timur.

“Dan top islamic university of the world Unidma ada di urutan ke 3 tingkat dunia,” imbuh Maskuri.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Unisma merupakan Perguruan tinggi papan atas di Indonesia baik di jajaran swasta maupun negeri.

Unisma juga terakreditasi unggul dari sisi institusi.

Pada 2023 ini Unisa akan terus fokus untuk meningkatkan reputasi pada tingkat internasional, dan juga mewujudkan entrepreneur university.

sumber : radar malang jawa pos