MALANG KOTA – Berakhir sudah gelaran ajang Duta Hijab Radar Malang (DHRM) 2022. Dan nama Ida Ayu Lestari yang berhak mengenakan mahkota. Ini karena dia terpilih menjadi juara DHRM menggantikan Risna Awaliya Sari yang menjadi juara Duta Hijab 2021.

Terpilihnya mahasiswi Universitas Islam Malang (Unisma) ini tentu melalui proses yang panjang. Dalam gelaran grand final secara hybrid di Giri Palma Villas, Sabtu pagi kemarin (5/3/22), sebanyak 20 finalis setelah menjalani tahapan wawancara akhirnya tersaring tinggal 10 finalis.

Terpilihnya 10 finalis itu juga berdasarkan question and answer (QnA) dengan topik isu yang terjadi di kalangan perempuan muslimah hingga topik isu yang sedang hangat di Kota Malang. Misalnya pertanyaan yang dilontarkan kepada Lutfia Nurfaizah, salah satu finalis. Lewat QnA itu Lutfia memberi pandangannya terhadap sosok perempuan yang menjadi pemimpin. Lutfia berujar bahwa pemimpin bukanlah soal laki-laki atau perempuan. Namun pemimpin merupakan peran. “Jika pun seorang perempuan diberi amanah untuk memimpin, maka dia memang layak untuk menjadi pemimpin,” kata mahasiswi Universitas Islam Malang itu.

Peserta berikutnya yakni Meme Nur Intan. Meme ditanya soal pandangannya terhadap wisata halal. Lewat pertanyaan itu, Meme membagikan pandangannya terhadap wisata halal yang merupakan 1 dari 6 pemikiran The Future of Malang yang sempat disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji itu.

Meme mengungkapkan bahwa wisata halal merupakan program wisata yang dicanangkan untuk memberikan beberapa kemudahan bagi muslim. Serta berpotensi mendongkrak perekonomian Kota Malang. Khususnya bidang pariwisata dan kuliner. “Dengan adanya program ini tentu dapat memaksimalkan potensi pariwisata yang ada di Indonesia, khususnya di Malang,” ujar mahasiswi Universitas Brawijaya (UB) itu.

Meme menambahkan bahwa konsep wisata halal yang dicanangkan pemerintah Kota Malang adalah dalam konteks pengembangan potensi menuju center of halal tourism. Bukan konteks penerapan syariat agama tertentu.

Mendengar jawaban-jawaban dari 10 finalis terpilih itu membuat ketua pelaksana pemilihan DHRM 2022 Salma Hanin kagum. Pasalnya 10 finalis itu tergolong mampu dapat menjawab isu-isu yang hadir di dalam kehidupan perempuan di kalangan masyarakat. Juga melek isu terkini di pemerintahan. “Memang ajang ini tidak hanya soal kecantikan, tapi juga kecerdasan serta kepekaan sosial,” ujar Salma.

sumber : https://radarmalang.jawapos.com/lifestyle/06/03/2022/akhirnya-mahkota-duta-hijab-radar-malang-2022-milik-mahasiswi-unisma/

Butuh Bantuan? Chat Kami