Lima mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (UNISMA) berhasil  memenangkan kompetisi dana hibah. Tak tanggung-tanggung  hibah yang dimenangkan tersebut merupakan Program Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dari Kemendikbud RI.

Dekan FEB UNISMA, Nur Diana SE MSi mengapresiasi atas prestasi tim mahasiswanya yang telah memenangkan hibah Kompetisi Wirausaha  KBMI Kemendikbud 2021. Menurutnya program KBMI  bertujuan  mendorong munculnya wirausahawan muda di tiap perguruan tinggi. Ia pun bersyukur anak didiknya banyak yg menjadi wirausaha sambil kuliah. Ia juga berterimakasih atas kepeloporan mahasiswanya menjadi entrepreneur diapresiasi dalam wadah KBMI.

“Ini sejalan dengan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM) dimana mahasiswa diberi hak untuk mengikuti  8 program merdeka belajar diantaranya Program Kewirausahaan,” ungkap Diana.

Dekan yang dikenal inovatif ini berharap dengan adanya program ini akan memicu mahasiswa lainnya termotivasi untuk dapat lebih  berprestasi pada kompetisi yang ada. Fakultas ini sendiri mendorong program kewirausahaan sejak semester awal, dengan memberikan pelatihan dan pendampingan ditunjang berbagai fasilitas pendukung, seperti laboratorium yang lengkap dalam mendukung talent.

“Jadi bagi adik-adik yang baru lulus SMA ingin menjadi entrepreneur, dapat memilih FEB UNISMA sebagai tempat kuliah. Karena misi Fakultas ini yang memiliki program studi Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syariah ini adalah Entrepreneurship,” urai Diana.

Sementara itu Tim Mahasiswa yg berhasil memenangkan Program Hibah ini merupakan mahasiswa telah memiliki usaha atau menjadi Entrepreneur selama kuliah di FEB UNISMA. Seperti Fajar yang telah memiliki Usaha bernama Fajar Music Production (FMS  Production). Usaha bisnis yang bergerak di sektor industri kreatif musik dan fashion. Fajar dan teman temannya sejak 2015 telah bertekad menjadikan FMS Production sebagai  wadah, rumah produksi, dan partner bagi pelaku industri kreatif secara luas dan pelaku industri musik khususnya.

Pada tahun 2018, FMS Production melebarkan sayap dengan membuat brand produk official merchandise nya yang diberi nama “Modern Edge” dengan kegiatan usaha yang dilakukan adalah memproduksi merchandise seperti kaos, totebag, hoodie, dan lain sebagainya.

Selain itu dalam upaya memberikan layanan mudah untuk customer dari mulai pemesanan studio untuk rekaman atau latihan, pemesanan sound system  pembuatan event, dan pembelian merchandise secara online, FMS Production  telah meluncurkan aplikasi berbasis android  “FMS Prolite”.

“Alhamdulilah semua ketrampilan yang diberikan selama kuliah seperti Digital Marketing, Start Up Bisnis, Entrepreneur, dan Business Communication sangat mendukung kemajuan usaha FMS Production ini,” ujar Fajar.

Ia mengakui dari hasil usahanya mampu mendukung kebutuhan kuliah dan kebutuhan kesehariannya. Fajar sendiri merupakan mahasiswa yang aktif di Himaprodi Manajemen. Ia juga tergolong berprestasi dalam membangun wirausaha mandiri. Berbagai ajang nasional dan internasional telah ia ikuti seperti mewakili FEB UNISMA dalam ajang “Young Entrepreneur in Pandemic Covid-19 Era”  bersama  entrepreneur muda dari berbagai perguruan tinggi luar negeri.

Fajar tidak sendiri, bersama Anshor Syafii, M.Fathur Rozy, Ays Valentina dan Ahmad Alvin Ahluzd D berhasil  memenangkan kompetisi bergengsi ini. Penyusunan proposal hibah ini dibimbing oleh Ita Athia Ssos MM, yang merupakan Dosen Entrepreneursip. Serta Ays Valentina yang tergabung sebagai anggota   proposal lintas prodi yang dinamai Pentol Demit, dan Ahmad alvin yang juga merupakan anggota Proposal Bonlebo. Mengusung semangat “Yang Muda Yang berkarya”, prestasi mahasiswa FEB UNISMA ini jadi lebih keren.

sumber : https://duta.co/lima-mahasiswa-feb-unisma-menangkan-hibah-program-kbmi-kemendikbud

Butuh Bantuan? Chat Kami