Unisma Jadi Salah Satu Kampus dengan Skor SINTA Tertinggi 2024

Universitas Islam Malang (Unisma) memiliki peringkat yang unggul dalam pemeringkatan terkait pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Perguruan Tinggi di Indonesia. 

Bersanding dengan beberapa perguruan tinggi swasta besar lain di Indonesia, Unisma masuk dalam 10 besar perguruan tinggi dengan skor SINTA tertinggi 2024.

Pengukuran kinerja ini dilakukan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mempunyai portal khusus. Portal tersebut adalah SINTA (Indeks Sains dan Teknologi) yang dapat diakses dengan laman https://sinta.kemdikbud.go.id. 

Melalui portal tersebut, kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, kinerja setiap kampus di tanah air akan dinilai berdasarkan kriteria sebagai berikut: kinerja peneliti, penulis, kinerja jurnal, dan kinerja inovasi institusi Iptek.

SINTA juga memberikan benchmark dan analisis, mengumpulkan kekuatan penelitian masing-masing institusi perguruan tinggi untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, menganalisis tren penelitian, dan direktori pakar.

Hasil penilaian, Unisma berada pada posisi ke 8 dengan skor 264.016. Hasil penilaian ini tentunya tak usah diragukan lagi. Sebab, 
dilakukan sendiri oleh lembaga kementerian pendidikan Kemendikbud sehingga memiliki validitas yang tinggi.

Data pada SINTA juga memiliki akurasi yang tinggi. Setiap kinerja dosen di tanah air selalu terupdate dalam laman tersebut. Baik itu data kinerja penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengajaran oleh para akademisi se-tanah air.

Atas kinerja itu, SINTA Kemendikbud kemudian melakukan penilaian. Pemeringkatan ini menunjukkan kualitas yang sesungguhnya dari setiap perguruan tinggi di Indonesia. 

Berikut peringkat 10 kampus swasta terbaik versi Science and Technology Index yang diakses pada hari ini Jumat tanggal 26 April 2024:

1. Universitas Surabaya (427.275)

2. Universitas Tarumanegara (423.622)

3. Universitas Bina Nusantara (396.115)

4. Universitas Telkom (390.948)

5. Universitas Pamulang (360.776)

6. Universitas Muhammadiyah Surakarta (341.296)

7. Universitas Islam Indonesia (274.234)

8. Universitas Islam Malang (264.016)

9. Universitas Kristen Satya Wacana (255.875)

10. Universitas Muhammadiyah Yogya (248.908)

Sementara itu, untuk diketahui, portal SINTA ini bersifat terbuka. Berbagai kalangan masyarakat dapat mengaksesnya, khususnya para siswa-siswi SMA atau calon mahasiswa yang akan memilih perguruan tinggi bermutu untuk studi lanjut mereka. 

Sumber : jatimtimes