Buruan Daftar, Unisma Buka Pendaftaran Maba Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau 2024

Universitas Islam Malang (Unisma) membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) melalui beberapa jalur. Salah satu jalur pendaftaran adalah melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk tahun ajaran 2024/2025. 

Pendaftaran jalur RPL ini telah dibuka mulai 25 Desember 2023 sampai 1 Maret 2024. Lalu apa isi program RPL di Unisma?

Program RPL merupakan jalur khusus bagi individu yang pernah menempuh pendidikan di perguruan tinggi, namun belum menyelesaikan studi. Selain itu, program ini juga dapat diikuti oleh individu profesional yang memiliki pengalaman pendidikan baik informal/nonformal, atau individu berpengalaman kerja. 

Sehingga, mereka kemudian dapat melanjutkan studinya pada jenjang yang lebih tinggi dari yang sudah ditempuh sebelumnya dengan waktu yang relatif lebih singkat.

Banyak pilihan program studi (prodi) di Unisma untuk jalur RPL. Pilihan  prodi yang tersedia beragam dan jumlahnya ada 37 prodi, baik jenjang pendidikan program S-1, profesi dokter, profesi guru, program S-2, dan program S-3.

Lebih dari itu, prodi yang ada di Unisma memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah prodi yang terakreditasi dari lembaga berkompeten. Ads 13 prodi di Unisma telah terakreditasi unggul dan A. 

Kemudian, ada 3 prodi terakreditasi internasional dari ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) Jerman dengan predikat full accredited. 

Selain itu, ada 4 prodi terakreditasi internasional FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) dan sisanya terakreditasi baik sekali dan B.

Dengan menempuh pendidikan di RPL Unisma, masa perkuliahan bisa ditempuh dalam kurun waktu satu sampai dua tahun lulus pada program studi terakreditasi unggul (A) dan baik sekali (B). 

Pada program RPL ini, terdapat dua kategori. 

A. Kategori RPL tipe A

Tipe A1 (Transfer SKS):

1. Lanjut Jenjang, diperuntukkan bagi peserta yang mendaftar RPL untuk menempuh studi pada jenjang yang lebih tinggi dari yang sudah ditempuh sebelumnya;

2. Lintas bidang, diperuntukkan bagi peserta yang mendaftar RPL untuk mendapatkan gelar akademik/keahlian kedua pada jenjang yang sama dengan program studi yang berbeda;

3. Pindahan, diperuntukkan bagi peserta yang berasal dari perguruan tinggi lain dengan status kemahasiswaan terhenti karena drop out (DO) dan berhenti kuliah bisa melanjutkan studi di UNISMA sesuai dengan jenjang dan jenis prodi.

4. Re-Entry, diperuntukkan bagi peserta yang mendaftar kembali di Unisma dikarenakan status kemahasiswaannya terhenti baik drop out (DO) atau berhenti kuliah.

B. Tipe A2 (Perolehan SKS)

1. Diperuntukkan bagi calon mahasiswa dengan memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun.

Info selengkapnya tentang pendaftaran RPL Unisma bisa mengunjungi website https://rpl.unisma.ac.id atau menghubungi contact person Dr. Muhammad Fahmi Hidayatullah MPd melalui sambungan Whatsapp : 085791740262 . 

Selain itu, calon mahasiswa juga dapat datang langsung ke Kantor Pusat lantai 3 Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Relevansi Pendidikan Unisma.