Top 1 dari 9 PTNU se-Indonesia Versi Webometrics, Unisma Posisi Utama

Malang – Universitas Islam Malang (Unisma) merupakan salah satu perguruan tinggi yang patut diperhitungkan di kancah nasional dan bahkan internasional dengan akreditasi Unggul. Pada 2024 ini, Unisma semakin menunjukkan tajinya sebagai perguruan tinggi yang masuk top 9 Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU).

Dalam hal ini, Unisma masuk top 9 PTNU versi Openness Rank Webometrics bersama PTNU lain yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Skor Openness Rank yang diraih Unisma dari data Webometrics per Januari 2024, sebesar 2029.

Kepala Biro Administrasi Kelembagaan, Publikasi dan Teknologi Informasi (BAKPTI), Hasan Zayadi SSi MSi menjelaskan, bahwa hal ini tak lepas dari upaya strategis yang Unisma. Seperti halnya, adanya divisi khusus yang menangani terkait pemeringkatan salah satunya Webometrics. Unisma juga mendorong dosen untuk selalu aktif dalam publikasi ilmiah.

“Unisma juga mewajibkan setiap dosen untuk setiap tahunnya minimal 1 artikel ilmiah yang terindeks baik di google scholar maupun pengindeks yang lain seperti doaj, crossref bahkan Scopus dan lainnya,” jelasnya.

Selain itu, para mahasiswa Unisma dalam menulis karya ilmiah juga mensitasi artikel dosen pembimbing atau artikel mahasiswa lain yang diterbitkan oleh Unisma.

Untuk diketahui, bahwa Openness Rank sendiri merupakan jumlah rujukan dari artikel jurnal dosen di perguruan tinggi berdasarkan Google Scholar. Sehingga, kategori ini merupakan kategori yang terkait publikasi dosen.

“Publikasi ilmiah ini kaitanya dengan keaktifan dosen dalam melakukan kegiatan tri dharma, terutama penelitian sehingga menghasilkan luaran-luaran berupa artikel ilmiah dalam jurnal, prosiding, buku dan HaKI,” jelasnya.

Lebih lanjut Hasan menjelaskan, kedepan tentunya banyak target yang masih terus ingin diraih. Target ini tentu tidak hanya fokus di kategori Openness saja, tapi pada kategori Excellent, yang itu merupakan indikator publikasi ilmiah yang diambil dari data Scopus.

“Disamping itu kita berupaya agar bisa masuk dalam perangkingan kelas dunia lainnya seperti QS AUR (Asian University Rangking) dan WUR (World University Rangkings) serta THE (Times Higher Education) Rangking serta lembaga pemeringkatan lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, peringkat dibawah Unisma ada Universitas Alma Alta yang menempati posisi kedua, dengan akor sebesar 2417. Posisi ketiga ada Universitas Nahdatul Ulama Surabaya dengan skor sebesar 2897.

Berikutnya, ada Universitas Islam Darul Ulum pada posisi keempat dengan skor 4160. Posisi kelima ditempati Universitas Darul Ulum dengan skor 4548. Selanjutnya posisi keenam ada Universitas Ibrahimy dengan skor Openness Rank 4598.

Posisi ketujuh dengan skor Openness Rank 4651, adalah Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia. Menyusul dibawahnya ada Universitas Islam Madura dengan skor Openness Rank sebesar 4718. Posisi kesembilan ditempati oleh Universitas Islam Blitar dengan skor Openness Rank 4826.