FGD Unisma Malang: Collaboration Opportunities Between Indonesia And European Union

MALANG – Unisma Malang menyelenggarakan acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Collaboration Opportunities between Indonesia and European Union” Rabu (2/2/2023). 

Acara ini dihadiri oleh seluruh jajanan Rektorat, para dekan, dosen dan perwakilan dari mahasiswa penerima beasiswa sebanyak 40 mahasiswa.

Materi pertama adalah Erasmus Mundus Masters and Doctoral Degree Program (Euraxess and Marie Curie Programs), and International Mobility yang disampaikan oleh Ms. Destriani Nugroho selaku Program Manager for Education and Culture, European Union Delegation of the European Union to Indonesia and Brunei Darussalam. Beliau menjelaskan tentang program beasiswa Erasmus. Erasmus Mundus Joint Master merupakan bagian dari Erasmus+ dari Uni Eropa untuk mendukung bidang pendidikan, pelatihan, pemuda, olahraga dan masih banyak lagi.

Program ini dibentuk berdasarkan keberhasilan program Erasmus, yaitu program pertukaran pelajar dari Uni Eropa. Para penerima beasiswa dapat belajar setidaknya  di tiga negara yang berbeda dengan masa studi yang telah ditentukan. Dipaparkan pula tata cara pendaftaran dan berkas-berkas yang perlu disiapkan, sekaligus tips dan trik agar dapat lolos seleksi beasiswa Erasmus ini.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Materi kedua adalah Collaboration Opportunities between Indonesia and European Union yang disampaikan oleh Mr. Vincent Piket, Ph.D selaku The Ambassador of European Union to Indonesia and Brunei Darussalam. Dalam materinya, beliau menjelaskan kerja sama yang terjalin antara Uni Eropa dan Indonesia dalam bidang politik dan keamanan, ekonomi dan perdagangan, pembangunan, sosial budaya, dan lain-lain.

Ia juga berpesan sebagai mahasiswa perlu mengasah skill sebab yang dibutuhkan di masa depan bukan hanya pendidikan secara akademik, tetapi juga keterampilan. Di Eropa sendiri, telah terdapat banyak program vokasional untuk memberikan wadah bagi para pelajar agar memiliki goals masing-masing di masa depan.

Dengan adanya acara ini, diharapkan dapat membuka kesempatan bagi para pelajar Indonesia untuk bertukar pikiran atau ide serta menambah pengalaman belajar di berbagai negara di Uni Eropa sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi yang besar bagi Indonesia. Harapan besar juga untuk Universitas tercinta kita agar kedepan bisa segera melaksanakan program beasiswa ini serta kerjasama yang apik dengan Uni Eropa demi untuk menyongsong Unisma Malang menuju world class university. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Sumber : timesindonesia