Sejumlah dosen Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur, yang tergabung dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), memberikan pelatihan cara membuat ramuan kombinasi benalu teh dan benalu mangga yang berkhasiat menurunkan tekanan darah kepada kader PKK Kota Batu, belum lama ini.

Selasa (28/12/2021) siang,  Koordinator PKM Unisma, Dr. Nour Athiroh AS, SS, Mkes, menjelaskan, ramuan kombinasi benalu teh dan benalu mangga berkhasiat menurunkan tekanan darah. “Saat masa pandemi COVID-19 seperti sekarang,  sangat dibutuhkan informasi tanaman yang berkhasiat untuk membantu problematika di masyarakat,” katanya.

Benar saja, kader  PKK Kota Batu sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Karena selain mendapat informasi tentang manfaat kombinasi benalu teh dan benalu mangga, PKM juga dilengkapi dengan pemeriksaan kesehatan gratis bersama tim Fakultas Kedokteran Unisma.

“Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberdayakan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai khasiat ramuan kombinasi benalu teh dan benalu mangga sebagai antihipertensi dan pencegahan COVID-19. Makanya, para peserta PKM dilatih cara membuat ramuan kombinasi teh dan benalu mangga. Kemudian dilanjutkan dengan game puzzle pengenalan herbal dan diberikan berbagai macam herbal. Mereka juga  diminta  mendiskusikan nama herbal serta manfaat yang  diterima,” jelas Dr. Nour Athiroh AS, SS, Mkes.

Dalam giat tersebut,  Tim Penggerak PKK Kota Batu dibekali tiga materi mengenai hipertensi dan tanaman obat yang berpotensi dalam menurunkan tekanan darah oleh narasumber yang mumpuni. Di antaranya, dr. Erna Sulistyowati, M,Kes, Ph.D, dan Dr. Apt. Yudi Purnomo., M.Kes.

Sementara itu, Ketua Pokja 2 PKK Kota Batu,  Hj. Wibi Asri Punjul Santoso,  merasa bersyukur  atas segala pelatihan yang diberikan Unisma. “Kami sangat berterima kasih dan berbahagia  mendapatkan ilmu adanya benalu teh dan benalu mangga sebagai obat alternatif yang murah, mudah,  dan manfaatnya sangat tinggi,” katanya.

sumber : http://tabloidjawatimur.com/dosen-unisma-ajari-pkk-batu-buat-ramuan-benalu-teh-dan-mangga/

Hotline Saran & Keluhan !