Rumah Teknologi Untuk Siswa SMP

Oleh : Alkamaluddin (Ketua RKM)  

Kami dari tim Rumah Kreatif Mahasiswa Universitas Islam Malang dari Fakultas Teknik yang terdiri dari 6 orang, melakukan pengabdian kepada siswa MTs NU Donomulyo tentang penyuluhan dan pengenalan teknologi. Adapun program ini diajukan untuk memberikan pengenalan teknologi kepada siswa MTs di sana. Tekologi yang kita kenalkan bukan hanya ramah lingkungan tapi juga teknologi yang materi dasarnya sudah mereka pelajari di sekolah MTs dan juga teknologi yang bisa dimanfaatkan nantinya di lingkungan tersebut. Teknologi yang kita perkenalkan di antaranya Filtrasi air, solar cell, Microbilal Fuel cell, PLTMH. Ke 4 teknologi ini nantinya bisa diimplemintasikan oleh siswa di lingkungan mereka sendiri karena SDA yang ada di Desa Donomulyo menyediakan, sehingga nantinya setelah siswa mempunyai kemampuan baik secara teori dan praktik maka siswa dapat mengimplementasikan di rumah masing-masing.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

                Selasa, 2 Januari 2020 dilakukan survey kembali setelah pencairan dana untuk melakukan penyesuaian jadwal antara sekolah dan mahasiswa. Sebelum dilaksanakannya RKM ini dimulai dengan sosialisasi terhadap siswa dengan tujuan siswa dan guru bisa memahami dengan baik dan bisa bekerjasama dengan nyaman. Selanjutnya dihari Sabtu 25 Januari melakukan identifikasi teknologi yang dibutuhkan untuk bahan praktik Tim juga menyusun modul pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa dan guru. Beberapa hambatan terjadi saat pelaksanaan yaitu terbentroknya dengan jadwal PKL sehingga kami tidak bisa melakukannya secara maksimal tetapi kami tetap berusaha melakukan secara professional sebagai tanggung jawab. Sabtu, 08 Februari 2020 alat-alat yang dibutuhkan sebagai bahan praktik bisa terkumpulkan namun untuk modul belum selesai.

                15 februari 2020 kita melakukan menyuluhan baik kepada siswa dan guru, penyuluhan ini berisikan tentang dasar-dasar teknologi secara menyeluruh kepada siswa dan guru dan juga melakukan tes awal untuk mengukur pengatahuan siswa tektang ke 4 teknologi. Dikarenakan siswa mempunyai banyak kegiatan ujian baik dari Kemendikbud dan Kemenag sehingga kami sulit mencari jadwal untuk melanjutkan program.

Pada 14 maret 2020 melakukan pembelajaran tahap pertama dengan focus materi pada PLTMH. Waktu yang di berikan oleh sekolah dari jam 11:00 sampai jam 12:00 karena waktu yang tidak banyak maka penyampaian materi tidak maksimal sehingga materi PLTMH tidak selesai, dan juga tidak kondusif karena materi ini disampaikan di depan siswa sebanyak 168 orang. Dikarenakan memang beberapa bunga tidak bersamaan ditanamnya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

                Saya sebagai ketua RKM Rumah Teknologi Untuk Pembelajaran Siswa SMP ini sangat bersyukur dengan kesempatan yang diberikan oleh UNISMA dan sangat berterimakasih kepada dosen pembimbing Ibu Ismi Choirotin, ST.,MT.,M.Sc, telah bersedia menjadi pembimbing yang sangat peduli terhadap anak-anaknya dan selalu mendukung serta memberi arahan. Dari kesempatan ini saya pribadi dan pastinya teman-teman saya sangat banyak belajar dan terus memikirkan bagaimana teknologi dan siswa di negeri ini sehingga Indonesia menjadi pusat teknologi kedepannya.

*)Pewarta: Alkamaluddin, Ketua RKM Fakultas Teknik (FT), Universitas Islam Malang (UNISMA)    

Hotline Saran & Keluhan !