Tim RKM Unisma Kelola Dana Hibah Dengan Mengembangkan Potensi Desa Jambesari

Program Rumah Kreatif Universitas Islam Malang terus berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat. Usai mendapat pendanaan dari kampus, tim RKM UNISMA menggelar program Pengembangan Wisata Edukasi Berbasis Pemanfaatan Teknologi KJA (Keramba Jaring Apung) yang berlokasi di Desa Jambesari, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Mahasiswa UNISMA melalui Tim RKM mendorong peningkatan nilai ekonomi Masyarakat Desa Jambesari dengan memanfaatkan salah satu sumber daya alam yang ada di desa yakni embung, uniknya embung ini telah memiliki nama yaitu EJS (Embung Jambesari Sunset).

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

“Embung ini telah diserahkan kepada pihak desa agar bisa dikelola secara optimal, berbagai upaya telah kami lakukan salah satunya dengan memasang gazebo dan papan nama,” ujar Bapak Agus selaku Sekretaris Desa Jambesari.

Wujud dari program ini dilakukan dengan membuat sistem pengelolaan ikan nila dengan mengandalkan teknologi KJA (Keramba Jaring Apung), dimana proses yang dilakukan adalah dengan memasang keramba di salah satu sudut embung. Proses pemanenan ikan nila diperkirakan sekitar 2-3 bulan terhitung sejak program ini dijalankan. Hasil dari pemanenan ikan ini nantinya akan dipasarkan dan SOP dari pemanfaatan teknologi ini bisa terus digunakan untuk meunjang perekonomian warga setempat.

Program Rumah Kreatif Mahasiswa ini mendapat bimbingan langsung dan didukung penuh oleh Ibu Dr. Hj. Siti Saroh M.Si yang telah expert dalam dunia bisnis.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Nur Saifatun Nafi’ati, Ketua Tim RKM Universitas Islam Malang (UNISMA)

Embung Jambesari Sunset, lokasi pengelolaan sumber daya alam oleh Tim RKM Unisma Malang

Hotline Saran & Keluhan !