Rumah Raja Prebiosaint: Abdi Tim RKMU FMIPA UNISMA untuk Desa

Rumah Raja Prebiosaint atau Rumah Layanan Jasa Pembuatan Pakan Fermentasi Berbasis Produk Sampingan Tebu merupakan kegiatan mahasiswa yang kreatif dan inovatif. Kegiatan ini digagas oleh tim Rumah Kreatif Mahasiswa UNISMA yang diketuai oleh Chintya Ayu Pertiwi, jurusan biologi FMIPA dan dibimbing oleh Dr. Nurul Jadid Mubarakati, M.Si.  Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Sukonolo, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang pada tanggal 5 Februari 2020 di rumah warga RW. 04 yang memiliki ternak kambing maupun sapi.

Kegiatan ini dihadiri warga sebanyak 40 orang dan kami menghadirkan Ir. Muhammad Farid Wadjdi, MP sebagai narasumber yang merupakan salah satu dosen dari Fakultas Peternakan UNISMA dan Muhammad Zahwidi selaku sekretaris desa Sukonolo.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Tim RKMU juga melakukan pendampingan warga dalam praktek secara langsung yang dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2020 di RT. 16 RW. 04 bertempat di salah satu halaman rumah warga yang telah menjadi mitra kegiatan kami. Diikuti oleh para peternak dan kami turun langsung dalam memberikan contoh cara pembuatan pakan fermentasi menggunakan produk sampingan tebu yang melimpah di Sukonolo, yaitu daun tebu.

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini diharapkan agar warga desa Sukonolo, terutama untuk para peternak dapat memanfaatkan dengan baik limbah yang ada di lingkungan sekitarnya khususnya limbah atau produk sampingan tebu yang melimpah yaitu daun tebu. Pemanfaatan daun tebu dapat menjadi salah satu upaya mengurangi peningkatan suhu lingkungan  akibat pembakaran daun tebu yang tidak terpakai. Daun tebu juga dapat menjadi sumber bahan pakan yang menguntungkan, dapat dimanfaatkan menjadi pakan ternak fermentasi yang efektif dan memiliki nilai gizi tinggi untuk ternak. Penggunaan pakan fermentasi ini dapat mengurangi beban peternak, karena dalam satu kali pembuatan pakan dapat digunakan untuk tiga hingga tujuh hari. Dengan ini peternak yang biasanya mencari pakan untuk ternaknya setiap hari, akan lebih efisien waktu dan tenaga.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Tim RKM Fakultas MIPA Universitas Islam Malang (UNISMA)

Hotline Saran & Keluhan !