RKM Unisma Malang Tambah Inovasi Olahan Kopi di Batu

Tidak heran apabila kopi merupakan salah satu komoditas unggulan yang dikembangkan di Indonesia karena tergolong di dalam kategori komoditi penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Peran kopi sebagai salah satu komoditas ekspor yang menguntungkan telah dimulai sejak masa kolonial. Berdasarkan pangsa pasar yang terus mengalami peningkatan, kopi tidak hanya dibudidayakan oleh pemerintah kolonial, tetapi juga oleh rakyat.

Berdasarkan hal tersebut, kami dari anggota Rumah Kreatif Mahasiswa Unisma Malang yang menerima dana dari program tersebut telah melaksanakan beberapa kegiatan yaitu penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan pihak yang bersangkutan. Dalam usaha ini kedua belah pihak akan saling bekerja sama untuk mengembangkan usaha kopi sekitar Dusun Beru. Kedua belah pihak akan bekerjasama untuk memperbaharui kemasan kopi rakyat “Mbahtoe” serta menambah inovasi olahan produk. 

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Penandatangan tersebut dilakukan pada hari Jum’at, 20 Januari 2019 di Dusun Beru Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur dengan dihadiri sebanyak 6 orang antara lain 5 anggota program Rumah Kreatif Mahasiswa yang disebut pihak pertama  dan 1 Pemilik home industri kopi rakyat “Mbahtoe” yang kemudian disebut pihak kedua.

Setelah dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) juga dilanjutkan dengan dilaksanakan pembelajaran muda mudi pecinta kopi yang dilaksanakan di Dusun Beru Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur pada hari kamis, 20 Februari 2019 yang bertempat di Dusun Beru Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 10 orang yang terdiri dari anggota Rumah Kreatif Mahasiswa dan muda mudi Dusun Beru Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Agenda kegiatan yang dilakukan antara lain, pembelajaran cara menyeduh kopi dan rencana kerja dan tindak lanjut program Rumah Kreatif Mahasiswa.

Kegiatan pembelajaran penyeduhan kopi ini diharapkan dapat berbagi pengetahuan yang kemuadian akan dilakukan dan dipelajari lebih dalam oleh para muda mudi Dusun Beru.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Nia Novita Nurrohmah, Ketua RKMU Fakultas MIPA Universitas Islam Malang (UNISMA)

Hotline Saran & Keluhan !