Raih Program RKM, Tim RKM UNISMA Kenalkan Aplikasi “Melijo-Online”

Raih Program RKM, Tim RKM UNISMA Kenalkan Aplikasi “Melijo-Online

Kota Malang Mayoritas penduduknya berusia (umur 17-60 tahun) aktif bekerja diluar rumah, karena didominasi Sekolah Tinggi, Perguruan Tinggi dan sebagian industri, sehingga membutuhkan semua hal yang efektif dan efisien. Kota Malang merupakan kota dengan mayoritas tenaga kerja wanita, dari 894 tempat usaha yang terdaftar di Disnaker Malang kota sebesar 29,2% yaitu 261 tempat usaha yang mempekerjakan karyawan lebih banyak wanita (disnaker.malangkota.go.id). Mayoritas penduduk usia dewasa (umur 17-60 tahun) aktif bekerja diluar rumah selain itu Revolusi Industri 4.0 juga mempengaruhi perubahan gaya hidup masyarakat pada umumnya, berdampak pada kebutuhan masyarakat yang serba praktis dalam memenuhi kebutuhannya, salah satunya memenuhi kebutuhan konsumsi.

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dari beberapa pedagang Pasar Terpadu Dinoyo, Lowokwaru Kota Malang bahwa menurunnya penjualan dipengaruhi oleh minat konsumen berbelanja dari pasar tradisional ke pasar modern, bahwasanya survey telah dilakukan terdapat 40 pasar modern dalam radius 2,5 km dari Pasar Terpadu Dinoyo, maraknya transaksi jual beli online, jarak tempuh kelokasi yang memerlukan waktu, serta tata kelola pasar tentang polusi bau dan kebersihan sehingga masyarakat enggan kepasar.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Berdasarkan permasalahan di atas maka kami salah satu tim peraih program RKM Universitas Islam Malang menawarkan sebuah aplikasi yang dinamai “Melijo-Online”. Yakni, sebuah aplikasi yang memberika pelayanan praktis pembelian bahan konsumsi. Pasalnya, aplikasi Melijo-Online ini menawarkan kemudahan bagi pedagang Pasar Terapan Dinoyo untuk menjual dagangannya kepada konsumen.

Aplikasi Melijo-Online ini digawangi oleh enam mahasiswa yang tergabung dalam Tim RKM UNISMA, yakni Akbar, Adam Dharma Syahputra, Lulu’ Vionica, Retno Dwi Wandika, Febri Kusumawati, dan Riskika Adikantari. Tim RKM akan melakukan uji coba aplikasi serta proses bisnis Melijo-Online ini, pada pedagang Pasar Terapan Dinoyo Kota Malang. Selain itu juga, akan diperkenalkan kepada masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga di Malang sebagai pengguna. Program kami ini terhambat khususnya dalam segi sosialisasi dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Sosialisai dan uji coba Aplikasi kami memerlukan pedagang sebagai penjual (mitra kami), serta masyarakat sebagai konsumen dalam jumlah banyak yang akan kami dampingi agar optimal dalam penggunaan. Kegiatan kerjasama yang sempat tertunda sebelumnya akan ditinjau kembali setelah Pandemi COVID-19 selesai disertai himbauan Pemerintah tentang Pelaksanaan Protokol COVID-19 pada Area Publik, agar proses sosialisai dapat dijalankan kembali.

Aplikasi Melijo-Online terdiri dari dua jenis aplikasi, yakni aplikasi bagi admin dan bagi pelanggan. Bagi admin, aplikasi ini menawarkan empat fitur utama, yakni fitur produk, transaksi, pengguna, dan akun. Sementara itu, aplikasi bagi pelanggan pun terdiri dari empat fitur utama, yakni fitur beranda berfungsi melakukan pemesanan, keranjang berfungsi sebagai detail pesanan pelanggan, transaksi berfungsi untuk pemantau proses pesanan oleh pelanggan, dan akun merupakan fitur data pelanggan.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Harapan dari tim kami kedepannya untuk aplikasi ini akan terus berkembang dan tidak hanya mencakup wilayah kecematan lowokwaru tetapi se-malang raya atapun mencakup luar kota.

*)Pewarta: Akbar, Ketua Tim RKM Universitas Islam Malang (UNISMA)