Rektor Unisma Melantik Pengurus IKA Unisma Periode 2023-2027

Universitas Islam Malang (Unisma) melantik para pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unisma periode 2023-2027. Pelantikan ini dipimpin langsung oleh Rektor UIN Malang Prof Dr H Maskuri MSi (3/2/2024).

Maskuri mengatakan, organisasi alumni memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas lulusan maupun dalam pengembangan dan memperkuat kelembagaan Unisma. Bahkan, alumni juga menjadi bagian promosi dan advokasi kampus itu sendiri.

Lebih dari itu, alumni Unisma juga harus berperan aktif dan memberikan kontribusi positif dalam perubahan dan kemajuan dalam berbagai hal. Selain itu, alumni Unisma  harus saling mendukung satu dengan yang lainnya.

 “Alumni Unisma harus menjadi pemain, bukan hanya menjadi penonton dalam perubahan,” tegas Prof Maskuri.

Lebih lanjut, alumni Unisma bukanlah alumni yang mempunyai mental yang lemah. Alumni Unisma merupakan alumni yang memiliki mentalitas yang kuat dan tidak mudah goyah.

“Kita punya prinsip, punya sikap yang kekeh, progresif dan memiliki satu manfaat yang besar,” katanya.

Alumni Unisma, dikatakan Prof Maskuri, merupakan mukmin yang kuat dan tidak lemah fisik. Alumni Unisma juga harus mempunyai sebuah cita-cita yang besar dan gebrakan yang inovatif.

“Saya lihat  website alumni sudah mulai progres, mudah-mudahan muncul usaha-usaha baru,” jelasnya.

Unisma juga memiliki lahan yang cukup luas di Karangploso. Selaras dengan itu, terdapat alumni siap berkontribusi menyewa lahan dan akan ditanami oleh komoditas buah. 1 hektar lahan hasilnya akan diperuntukkan untuk yayasan Unisma. 

“Sehingga ketika ada tamu di Unisma, bisa diajak kesana untuk memetik langsung. Hal ini membuktikan bahwa alumni Unisma sangat peduli,” tuturnya. 

Pihaknya berharap, ke depan IKA Unisma akan semakin melesat maju dan semakin solid serta semakin memberikan banyak kontribusi positif dalam pengembangan para lulusan maupun kelembagaan Unisma lebih maju lagi. “Kami akan selalu support, ” ujarnya.

Ketua IKA Unisma Mohammad Nuruddin menambahkan bahwa alumni Unisma memiliki 3T (tahan, tangguh, tranformasi). Dengan berbagai proses yang dijalani dan melewati berbagai tantangan yang ada, alumni Unisma tahan terhadap struktur dinamika ekonomi hingga politik. Ketahanan alumni kemudian melahirkan ketangguhan alumni. 

“Dari ketahanan ini kemudian melahirkan ketangguhan dan sebuah transformasi. Tentunya, IKA Unisma akan terus bertransformasi menjadi lebih baik lagi,” paparnya.

Prinsip 3T dari alumni Unisma adalah memiliki sisi keislaman, sisi ke-Indonesia-an termasuk persaudaraan dan kemandirian. Hal inilah yang kemudian menjadi spirit yang menjiwai.

Selain itu, untuk terus memperkuat dan memudahkan komunikasi para alumni, IKA Unisma juga memiliki sebuah yang dapat dimanfaatkan. Tentu, dengan aplikasi Akan dapat lebih luas menjangkau para alumni Unisma dimanapun berada. “Para alumni bisa meregistrasi pada aplikasi ini,” katanya.

sumber : jatimtimes