Dies Natalies Ke-43 Unisma, Fokus Penguatan Entrepreneural University

MALANG – Universitas Islam Malang (Unisma) menggelar apel pembukaan perayaan Dies Natalis ke-43 pada Sabtu (3/2/2024).

Pada HUT tahun ini, Unisma mengambil tema ‘Menguatkan Pengabdian untuk Negeri dengan Semangat Perguruan Tinggi Berwirausaha Menuju Perguruan Tinggi Kelas Dunia’.

Tema tersebut sejalan dengan fokus Unisma untuk menguatkan kampus NU tersebut menjadi Entrepreneural University.

Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri  menuturkan bahwa tema utama Dies Natalis ke-43 menjadi bagian dari sumbagsih Unisma terhadap bangsa dan negara dalam konteks hilirisasi hasil riset. Riset civitas akademika Unisma diarahkan untuk menghasilkan produk yang konkrit bermanfaat bagi masyarakat.

“Dalam waktu dekat kita akan menyelenggarakan diklat startup kepada seribu mahasiswa sesuai dengan peminatan. Kita akan segera melakukan running terkait startup,” ujar Rektor Unisma.

Tak hanya itu, Unisma juga mencanangkan konsep eco green campus. Prof Maskuri  menjelaskan, konsep tersebut dilatarbelakangi karena saat ini tengah terjadi pemanasan global sehingga Unisma menjadi motor gerakan dalam menciptakan eco green campus.

Terdapat langkah strategis yang dilakukan Unisma dalam milestone entrepreneurial University. Dimulai dengan pameran beberapa waktu lalu, menyiapkan kurikulum entrepreneurial university, dan membangun kerjasama dengan dunia usaha dunia industri.

“Dosen dan praktisi kita hadirkan di kampus untuk memberikan succes story dalam bidang entrepreneurial. Bahkan di Kebonagung sudah kita letakkan batu pertama untuk pembangunan industri air mineral dan minuman berasa,” kata dia.

Rektor Unisma menegaskan, dalam upaya pengembangan entrepreneural university, yang pertama didorong yakni membentuk jiwa entrepreneurial para sivitas akademika. Dengan begitu nantinya akan lahir produk-produk unggul, baik dari dosen ataupun mahasiswa.

Prof Maskuri menjelaskan, dalam Dies Natalis ke-43, ada sekitar 40 rangkaian acara yang digelar oleh Kampus Hijau ini. Salah satunya Unisma memberikan apresiasi kepada pemenang pameran karya wirausaha dan inovasi Unisma 2023, yang dilakukan pada saat apel perayaan.

Terdapat 6 kategori yang mendapat penghargaan. Pertama, kategori produk inovasi pengajaran mata kuliah kewirausahaan, juara 1 diraih Fakultas MIPA jurusan Biologi. Kategori kedua, lomba inovasi bisnis, diraih oleh Fakultas Pertanian jurusan Agroteknologi. Kategori ketiga, poster wirausaha, juara 1 Fakultas Agama Islam dari jurusan PIAUD.

Kategori keempat, business plan competition, juara 1 jurusan Peternakan dari Fakultas Peternakan. Kategori kelima, lomba presentasi usaha, juara 1 diraih Fakultas Ilmu Administrasi jurusan administrasi bisnis. Kategori keenam, stand terbaik, juara 1 dari Fakultas Teknik jurusan teknik Elektro. Kemudian piala bergilir pameran karya wirausaha dan inovasi Unisma 2023 yang diberikan kepada Fakultas Teknik.

sumber : timesindonesia