Diundang Secara Khusus, Unisma Malang MoU Dengan Sejumlah Perguruan Tinggi Rusia

Ada yang istimewa dalam lawatan Universitas Islam Malang (Unisma) di Rusia. Rektor Unisma beserta jajarannya mendapat undangan khusus untuk terlibat dalam Forum Rektor Perguruan Tinggi Samara, Rusia, Kamis (7/9/2023).

Undangan itu berasal dari His Excellency Prof Kotelnikov Gennady Petrovich, Chairman of Samara Rectors Council atau Ketua Forum Rektor Samara sekaligus the Chairman of the Samara Regional Parliament atau Ketua Parlemen Wilayah Samara dan anggota kehormatan Russian Academy of Sciences.

Dalam pertemuan tersebut dibahas rencana kerja sama antara Unisma Malang dengan forum rektor wilayah Samara. Termasuk, kerja sama strategis lain di bidang tridarma dengan perguruan tinggi mitra luar negeri untuk meningkatkan daya saing dan mutu pendidikan.

Pertemuan High Level and Executive meeting tersebut juga dihadiri oleh Head of Committee for Healthcare, Demography and Social Policy of the Samara Regional Duma, Deputy Head of the Committee for Local Government of the Samara Regional Duma, dan Deputy Head of Committee for Education and Science of the Samara Regional Duma.

Selain itu sejumlah pimpinan industri juga hadir dalam pertemuan tersebut, antara lain Prof. Kopylova Victorial Cyacheslavovna, Vice President for Publishing “Prosveschenie” Group of Companies, Moscow yang merupakan top five penerbitan di wilayah Eropa dan Rusia.

Serta jajaran department pendidikan, Mr. Sukhanov Dmitriy Konstantinovich, yang merupakan acting head of the directorate of international cooperation of the department of external relations of the office of the governor of the samara region.

Usai mengadakan pertemuan terbatas dengan Chairman of Samara Rectors Council, Rektor Unisma Malang Prof Maskuri melaksanakan kegiatan penandatanganan MoU dengan Rektor Samara Polytechnic, Prof. Dmitry E. Bykov.

Dilanjutkan, penandatangan MoU dengan Rektor Moscow City University, Samara Russia, Prof Kozlovskaya Galina Efimovna yang juga merangkap sebagai Deputy Chair, Council of the Rectors of the Samara Region.

Dalam hal itu, Rektor Unisma didampingi oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Keagamaan, Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, M.P; Wakil Rektor 4 Bidang Kelembagaan, Publikasi dan Teknologi Informasi, Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P; serta kepala Kantor Urusan Internasional UNISMA Malang, Dr. Imam Wahyudi Karimullah, MA.

Kegiatan berlanjut dengan kunjungan laboratorium, fasilitas pendukung kampus serta diskusi tindak lanjut kerja sama antara Unisma Malang dan kedua kampus.

Baik Samara Polytechnic maupun Moscow City University memiliki beberapa pusat pengembangan teknologi, pusat pengembangan pendidikan dan pembelajaran.

Kampus Samara Polytechnic memiliki 17.000 mahasiswa dan 1.500 dosen. Kerjasama dengan Samara Polytech ini dilaksanakan dalam area kolaborasi riset dan pengembangan keilmuan berbasis scientific center, transfer teknologi dan inovasi melalui pemagangan dan training di progam magister maupun doktor.

Usa penandatanganan MoU dengan Prof Kozlovskaya Galina Efimovna. Di Moscow Moscow City University Rektor Unia Malang berkesempatan menyampaikan profil Unisma sekaligus gagasan-gagasan implementasi MoU.

Dari situ terdapat dua mahasiswa S1 MCU Samara Campus atas nama Natasya and Julie yang akan studi lanjut di Magister Pendidikan Bahasa Inggris Unisma Malang tahun 2024.

“Kegiatan kunjungan ini semata-mata untuk mengembangkan akses kerja sama international dalam rangka memperkuat posisi unisma saat ini pada milestone Entrepreneurial University yang akan menuju World Class University milestone pada tahun 2027,” ungkap rektor Unisma Malang

Terlebih, sebelumnya Rektor Umisma Malang, Prof Dr H Maskuri MSi juga telah melaksanakan kunjungan dan penandatanganan MoU di Turki dan Azerbaijan.

sumber : tugumalang