Menyongsong Dies Natalies ke-42, Unisma Bersholawat bersama Majlis Ta’lim Ar – Ridwan

Ribuan jamaah majelis bersama sivitas akademika serta masyarakat umum tumplek di Gedung Bundar Al-Asy’ari Universitas Islam Malang (Unisma), Senin (13/2/2023) malam.

Dengan khidmat, mereka menghidupkan kembali semangat cinta kepada Rasulullah melalui Unisma Bersholawat bersama Majelis Ta’lim wal Maulid Ar-Ridwan.

“Saya yakin ini kira-kira sudah ada di atas lima ribu yang hadir (di Gedung Bundar Al-Asy’ari). Ini sungguh luar biasa,” ujar Rektor Unisma, Prof Maskuri MSi dalam sambutannya.

Menurut Maskuri, kegiatan ini tak hanya menjadi momentum mempererat jalinan silaturahmi antar majelis. Namun juga bagian dari semarak menyambut Dies Natalies ke-42 Unisma tahun 2023.

“Selama pandemi hampir tiga tahun, kita tidak bisa bersua di kampus. Tapi Allah memberikan rahmat pada kita semya sehingga hari ini kita bisa berkhitmad kembali ke Unisma,” jelasnya.

Majelis ini, kata Maskuri, dapat meningkatkan dan memberikan spiritualitas terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dimana, spirit ini menjadi pondasi dasar dalam membangun budaya peradaban.

“Budaya peradaban yang dibangun di tengah masyarakat tanpa spiritualitas akan kering. Karena spiritualitas menjadi dasar terbangunnya budaya dan peradaban,” urainya.

Lebih lanjut, semangat tersebut turut menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan dan kemajuan Unisma. “Salah satunya di doakan oleh para kyai yang ada di majelis. Kami dulu, di awal saya menjadi rektor, kampus kita baru memiliki kurang lebih 6 ribu mahasiswa tapi alhamdulilah sekarang 17 ribu mahasiswa dari 34 negara, bukan semata Indonesia saja,” beber dia.

Unisma Bersholawat kali ini juga nampak spesial lantaran turut dihadiri oleh Syekh Hussein Jaber merupakan adik kandung dari almarhum Syekh Ali Jaber. “Kami juga merasa bahagia karena Habib Ahmad Jamal sudah lulus kuliah di Unisma strata 1, insyaallah akan mengambil strata 2,” sambung Maskuri.

Sebab itu, ia berharap jejak pendidikan ini juga diikuti oleh jamaah Majelis Ta’lim wal Maulid Ar-Ridwan yang didominasi oleh kawula muda.

Unisma membuka lebar kesempatan bagi anggota majelis yang berkeinginan menempuh pendidikan di Unisma melalui berbagai keringanan. “Nanti ada tandatangan Habib Jamal, langsung kita berikan keringanan-keringanan kuliah di Unisma,” tegasnya.

Sumber : Tugu Malang