MALANG – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (FK Unisma) meraih peringkat 1 Nasional kelulusan Fisrt Traker Ujian Kompetensi untuk Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode Februari – November 2021. Dalam pencapaian ini, FK Unisma berhasil meraih peringkat teratas dari 74 FK PTN/PTS peserta se-Indonesia.

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri Msi mengatakan, pencapaian ini tak lepas dari kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas dari seluruh tim FK sekaligus menjadi kebanggaan tersendiri bagi Perguruan Tinggi terbaik nomor satu dilingkungan Nahdlatul Ulama tersebut.”Ini merupakan kebanggaan buat Unisma. Selama 3 tahun, FK Unisma berhasil membuktikan eksistensinya. Dari tahun 2019 berada di peringkat 5 nasional, kemudian tahun 2020 di peringkat kedua, dan tahun 2021 berhasil menduduki peringkat pertama,” ujarnya, Sabtu (12/2/2022).

FK Unisma Raih Peringkat 1 Nasional Kelulusan First Taker UKMPPD

Ia berharap, pencapaian ini menjadi pemantik fakultas lainnya untuk meningkatkan kualitas dan mutu SDM yang unggul sehingga terus bertumbuh mengharumkan nama baik Unisma.”Berbagai macam ikhtiar kami lakukan, karena ini sudah puncaknya untuk mempersiapkan diri sebagai World Class University. Termasuk assessment lapang untuk akreditasi internasional beberapa waktu lalu di 3 prodi Agribisnis, Agroteknologi dan Peternakan,” sambungnya.

Dekan FK Unisma dr. Rahma Triliana MKes PhD menambahkan, bahwa UKMPPD dilaksanakan sebanyak 4 kali dalam setahun. Yakni di bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Sejauh ini, FK Unisma sudah 6 kali berturut-turut lulus UKMPPD 100 persen. Untuk tahun 2021 saja, total mahasiswa PPD (Program Pendidikan Dokter) yang mendaftar dan lulus di periode Februari – November, sebanyak 81 mahasiswa.

Dijelaskan dr Rahma, setiap tahun perguruan tinggi peserta UKMPPD akan mendapat feedback dari panitia nasional terkait hasil 4 periode pelaksanaan ujian. Diantaranya, tentang rata-rata nilai nasional, jumlah mahasiswa yang lulus dan beberapa bahan evaluasi lainnya.”Karena setiap tahun kami menerima feedback, maka kami selalu memetakan mana yang lemah dan perlu diperkuat lagi,” kata dia.

Prestasi ini, lanjutnya, juga dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya, kolaborasi dengan seluruh Rumah Sakit (RS) pendidikan untuk mendidik dokter yang memumpuni.Mulai dari RS Syariah Ambami Rato Ebu Bangkalan, RS Kanjuruhan Kepanjen, RS Mardi Waluyo Blitar, RS Blambangan Banyuwangi. Serta RS jejaring lainnya, RSI Unisma, RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang, RS Bhayangkara Porong, dan Klinik Muslimat Singosari.

FK Unisma juga menyediakan program buddy partner atau teman belajar bagi peserta ujian. “Buddy partner ini rupanya berperan paling bagus bagi mahasiswa,” urainya.Buddy partner ini, terdiri dari alumni FK Unisma yang telah lulus UKMPPD sebelumnya. Alumni yang dilibatkan selama tahun 2021, kurang lebih ada 12 alumni. Dimana, satu alumni berpartner dengan maksimal 5 orang mahasiswa PPD. Mereka akan belajar bersama kurang lebih selama 2 bulan menjelang ujian secara intens.

“Kami juga menyediakan pendampingan konseling yang membantu anak-anak, apabila mengalami kecemaan atau ketakutan. Kami dampingi semua dan kami pantau setiap satu bulan sekali,” tukasnya.

sumber : https://kumparan.com/tugumalang/fk-unisma-malang-peringkat-1-nasional-first-taker-program-profesi-dokter-1xUb4vN7rdT/full

Hotline Saran & Keluhan !