Dosen FMIPA Unisma Teliti Tanaman Bidara sebagai Antioksidan Kompleks dengan Teknologi Nano

MALANG – Selama pandemi covid ini tidak mematahkan semangat untuk meneliti, sebagai salah satu Tridharma perguruan tinggi. Gatra Ervi Jayanti dan Tintrim Rahayu, dosen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) lolos seleksi memperoleh dana Hibah Institusi Unisma Malang (HI-ma) tahun 2021.

Pemilihan tanaman bidara karena mempunyai banyak manfaat yaitu untuk Kesehatan dan disebutkan dalam Al Quran. Semua bagian tumbuhan bidara mempunyai manfaat, salah satu manfaat tanaman bidara adalah sebagai antioksidan.

Penelitian tentang tanaman bidara (Ziziphus mauritiana) ini dikemas dengan tema nanoteknologi. Nanoteknologi saat ini sangatlah berkembang, dengan ukuran yang super kecil, antioksidan alami dari tanaman bidara akan lebih efektif digunakan. Sehingga dapat meluruhkan radikal bebas berlebih yang merupakan sumber penyakit.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Tanaman bidara ini tidak dilakukan ekstrak tetapi digunakan semua bagian. Pemanfaatan tanaman bidara tanpa ekstrak ini sengaja dibuat Gatra dan Tintrim untuk mendapatkan senyawa kompleks. Penelitian ini juga melibatkan mahasiswa S1 untuk Tugas akhir dan melibatkan staf laboran. Dengan didukung peralatan canggih (Freeze dryer, Spektrofotometer, dll), penelitian ini juga dilakukan dengan analisis in silico atau permodelan komputer.

Penelitian lanjutan tanaman bidara akan terus dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas dan manfaatnya. Penelitian lanjutan lain dari tanaman yang disebutkan di Al Quran juga diteliti, seperti Zaitun (Olea europaea) dan Tin (Ficus carica), yang tersedia di taman Al Quran Universitas Islam Malang.

Kegiatan penelitian HI-ma ini diharapkan bermanfaat bagi civitas akademika Unisma Malang, dan meningkatkan semangat untuk terus melakukan penelitian serta publikasi hasil penelitian. (*) 

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/362712/dosen-fmipa-unisma-malang-teliti-tanaman-bidara-sebagai-antioksidan-kompleks-dengan-teknologi-nano