MALANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Unobersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas rombongan Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik Universitas Islam Malang (Unisma).

Kegiatan pelepasan tersebut diikuti oleh Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Malang Sutiaji, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, Menparekraf RI Sandiaga Uno (Daring) serta peserta KSM Tematik.

Sandiaga Uno memberikan semangat kepada para peserta KSM Tematik Unisma. Ia menyampaikan bahwa di tengah kondisi pandemi ini tidak cukup hanya bertahan, tapi harus berjuang menangkap peluang untuk mencetak pemenang.

“Kami juga ingin merangkul Unisma menjadi mitra kita memberikan pelatihan kepada 600 calon wirausaha muda di beberapa tempat agar mereka bisa menjadi champion,” ujarnya.

Pihaknya terus menguatkan sektor partnership dengan berbagai pihak. Menurut Sandiaga Uno, saat ini adalah saatnya mendorong spirit gotong royong seluruh elemen.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menambahkan, ide cemerlang yang digagas bersama ini akan bermanfaat tidak hanya peserta kandidat Sarjana Mengabdi tapi seluruh civitas akademika Unisma.

“Dari diklat yang, selain Jabar, Jatim ditunjuk coorporate university. Magang diperbanyak. Hal ini menurut saya seiring dengan merdeka belajar kampus merdeka,” tutur Khofifah.

Menurutnya, entrepreneurship bisa menjadi pintu masuk menciptakan lapangan kerja, membuka pola pikir kreatif dan membangun kesejahteraan bagi masyarakat.

“Bisa disiapkan action plan, Pak Rektor. Ini juga sangat menarik,” usulnya yang direspon anggukan kepala oleh Rektor Maskuri.

“Selamat mengabdi seluruh peserta KSM. Tetap jaga kesehatan. Mari kita antarkan mereka dengan membaca Basmalah,” tukasnya.

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi mengatakan bahwa KSM merupakan upaya kampus menciptakan calon sarjana yang memiliki tekad kuat.

“Predikat sarjana bukan hal sepele tapi harus punya tanggungjawab. Baik intelektualitas, moralitas dan terjun membantu masyarakat,” jelasnya.

Maskuri membeberkan, peserta KSM Tematik ada 2.102 orang. Rinciannya 1.479 ada di Jatim. KSM diikuti 34 provinsi di Indonesia dan 1 negara di Thailand.

“Mereka akan hadir sekaligus berada di desa dan menjadi motivator bersama tokoh-tokoh masyarakat. Mereka akan membangkitkan pendidikan, peternakan, pertanian, dan spirit,” pungkas Rektor Unisma saat melepas peserta KSM Tematik, disaksikan Sandiaga Uno dan Khofifah(*)

Hotline Saran & Keluhan !