2 Mahasiswa Afganistan Dapat Beasiswa Kuliah di Unisma

 MALANG – Universitas Islam Malang (Unisma) melakukan kerja sama dengan Kedubes Afganistan di Jakarta, Jumat (30/4/2021) lalu.

Salah satu isinya adalah memberikan beasiswa pada mahasiswa Afganistan untuk kuliah di Unisma.

“Tahun ini ada dua mahasiswa Afganistan yang akan kuliah di Unisma,” jelas Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi pada wartawan seusai acara.

Selain itu itu, kerja sama juga memungkinkan adanya dosen yang mengajar meski masih lewat daring serta pertukaran mahasiswa.

“Untuk beasiswa mahasiswa Afganistan adalah non Fakultas Pendidikan,” jelas Maskuri.

“Kemungkinan dari Afghanistan juga akan mengirim beberapa calon mahasiswa untuk kuliah di Unisma,” ungkapnya.

Kerja sama ini akan berlangsung selama empat tahun dan akan dilihat perkembangannya. Sebab setiap tahun ada ada komitmen untuk memberikan beasiswa. Kegiatan di Unisma juga dihadiri oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (RI) untuk Afghanistan Dr Ir Arief Rachman MM MBA.

Bersama Afganistan ini maka makin menambah negara kerjasama Unisma. Sebelumnya dengan Thailand, Mesir, Rusia, Korea Selatan dll.

“Insyaallah bendera Afganistan akan dipasang di Unisma karena ada mahasiswa Afganistan yang kuliah di sini,” jelasnya

Menurut Arief, kerja sama ini mengeratkan dua negara dan dua universitas.  Ia mengapresiasi pada Unisma karena memberikan beasiswa kepada mahasiswa Afghanistan.

Sebab muslim di Afghanistan juga memiliki semangat yang luar biasa untuk terus membangun dan memajukan negaranya. Ia juga menceritakan negara Afganistan sangat indah.

Rektor menyatakan perguruan tingginya sedang berkembang dan ingin menguatkan kerjasama nasional dan internasional.