Mahasiswa UNISMA Setelah Raih RKM Akan Membantu Sekolah SMAINUS Dengan Sistem Pembelajaran Aquaponik

Setelah lolos RKMU salah satu tim mahasiswa UNISMA akan bekerja sama dengan sekolah SMAINUS (SMA Islam Nusantara) yang bertempat di Jl. Mayjen Haryono XXI/30, Dinoyo dengan memanfaatkan lahan sempit untuk budidaya aquaponik. Program ini dibuat pada tanggal 11 maret 2020, sedikit terhambat karena adanya covid-19 sehingga belum sempurna. Jika COVID-19 dapat menghalangi kami untuk melakukan program ini secara lapang, tapi bagi kami tetap bisa melaksanakan secara daring dengan memberikan gambaran mengenai aquaponik itu seperti apa. Setelah kondisi membaik kami akan membuat sistemnya agar bisa digunakan siswa dalam praktek lapang. Di dalam sistem ini siswa akan difasilitasi dalam pembelajaran secara lapang.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dalam pembuatan sistem ini tidak mudah karena banyak membutuhkan kerja lapang dari mulai menyemai sampai tumbuh kecambah setelah itu perawatan ikan yang maksimal dengan memberikan pakan yang teratur. Dalam hal ini kami memantau setiap hari untuk perkembangannya sebelum secara teknis kami sampaikan sistem ini kepada siswa sehingga nanti sepenuhnya dilaksanakan oleh siswa. Kami akan fokus pada penerapan sistem untuk siswa kelas 11 agar nanti mereka bisa dapat ilmu ini lebih leluasa dan juga bisa mengajarkan sistem ini pada kelas dibawahnya. Kenapa kami tidak menerapkan sistem ini pada kelas atas? karena siswa kelas atas akan fokus terhadap perguruan tinggi sehingga mereka tidak akan fokus sepenuhnya pada praktek aquaponik, mungkin kami akan menjelaskan dan memberikan gambaran aquaponik kepeda mereka tapi kami fokus pada satu titik yaitu kelas tengah.

Selain sebagai edukasi pembelajaran tambahan untuk siswa SMA/SMK tentang tanaman hidropnik ini teknik budidaya, merawat ikan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman, terkhusus untuk siswa sekolah SMA Islam Nusantara karna kegiatan ini dilaksanakan di SMA Islam Nusantara tersebut, hasil dari aquaponik tersebut bisa menjadi salah satu produk untuk di pasarkan seperti tanaman yang di tanam di hidroponik tersebut atau ikan yang dibudidayakan. Hal ini jelas memberikan keuntungan selain sebagai media belajar teman-teman siswa di SMA Islam Nusantara. Sistem ini juga bisa di aplikasikan oleh masyarakat luar yang ingin menggunakan metode ini lebih-lebih untuk pertanian lahan sempit untuk di konsumsi pribadi seperti kangkung, bayam, sawi dan tanaman sayur ber skala kecil, bahkan bisa juga di gunakan untuk fokus budidaya yang bertujuan untuk dipasarkan atau sebagai media untuk penelitian.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kegiatan ini sedang secara daring kami mulai memberikan sedikit gambaran kepada siswa dan guru tentang aquaponik, dengan memberi pertanyaan dasar hidroponik dan tanaman apa yang cocok di tanam di sistem aquaponik tersebut, kami juga bertanam jenis ikan apa yang cocok untuk digunakan dalam sistem itu.

*)Pewarta: Dwi Nur Laili Paramita dan Siti Mariyatin, Tim RKM Universitas Islam Malang (UNISMA)

Hotline Saran & Keluhan !