Tim Fakultas Peternakan Raih Juara Teknologi Pengolahan Pakan di Banjarmasin

Tiga mahasiswa Fakultas Peternakan  berhasil menyabet juara 3 dalam perlombaan teknologi pengolahan pakan tingkat nasional. Mereka adalah Alifatul Ulfah, Faiqul Mubarok dan Syaiful Arifin.

Perlombaan tersebut diselenggarakan oleh Himapet Uniska MAB Banjarmasin Kalimantan Selatan pada 26-27 Juli 2019. Dalam perlombaan teknologi pengolahan pakan tersebut diikuti oleh berbagai peserta dari pelosok negeri, baik dari Bali hingga Kalimantan sendiri.

Adapun tema yang diambil tim mahasiswa fakultas peternakan Universitas Islam Malang dalam perlombaan kali ini adalah Pemanfaatan hasil agro industri by product sebagai pakan ternak dengan sumber probiotik limbah isi rumen sapi.

Ali Fatul Ulfa menyatakan alasan mengambil tema tersebut bahwa mengingat masih banyaknya limbah hasil agroindustri yang ada belum dimanfaatkan secara optimal.

“Masih banyak limbah agroindustri berpotensi besar sebagai pakan ternak karena memiliki kandungan protein, kecernaan dan palatabilitas yang baik untuk ternak,” jelas Ulfa.

Dengan mengangkat tema tersebut tim juri yang menilai menyatakan bahwa itu merupakan hal yang menarik karena berpotensi memanfaatkan limbah dari yang awalnya tidak berguna menjadi barang yang berguna dan bermanfaat. Selain itu pula menurut tim juri ini bisa membantu peternak untuk efisiensi biaya pakan yang biasanya sangat tinggi.

Hotline Saran & Keluhan !