Gaet SFTV College China, Unisma Akselarasi Entrepreneur University

Jajaran pimpinan Universitas Islam Malang (Unisma) melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Hal ini  dalam upaya memperluas jejaring internasional, sekaligus untuk meneguhkan Unisma sebagai World Class University yang sejalan dengan milestonenya Entrepreneur University. Kunjungan kerja itu dipimpin langsung Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri MSi. 

Berkunjung ke China, Rektor Unisma bersama rombongan melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan President Dian Jiandong dan jajaran pimpinan Shandong Foreign Trade Vocational (SFTV) College, China, Senin (20/5/2024).

Dalam FGD itu, Prof Maskuri menyampaikan tentang gagasan-gagasan besar yang tentunya memiliki skema kolaboratif. Tentunya, dalam implementasinya akan ditindaklanjuti Unisma bersama SFTV College. 

Kolaborasi yang terjalin antara Unisma dan SFTC Collage, tentunya akan meluas berbagai sektor. “Tetapi, yang paling utama adalah terkait pengembangan e-commerce,” jelasnya.

Dalam program lain tentu kerjasama juga dalam hal pengembangan akademik. Nantinya akan digelar beberapa kegiatan strategis yang akan memberikan pengalaman kepada para peserta. 

Kegiatan ini mulai dari Program internship, summer camp, joint publication, international credit transfer, international conference maupun scholarship. 

“Akan segera diwujudkan bersama antara kedua institusi akan ditindaklanjuti melalui zoom meeting dengan melibatkan pimpinan Fakultas dan lembaga terkait,” paparnya.

Tentu, jalinan kolaboratif ini nantinya diharapkan dapat memberikan impact positif pada kedua lembaga, utamanya dalam hal pengembangan akademik, peningkatan wawasan dan juga peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

“Kami harapkan tindaklanjut konkret yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak instutusi,” katanya.

Sementara itu, selesai melaksanakan FGD Rektor bersama jajaran Unisma, yang terdiri dari Ketua Bidang Usaha Pengurus Yayasan Unisma, Prof Dr Mudawamah MSi, dan Wakil Rektor 4, Dr Ir stirochah Pujiwati MP serta Kepala Pusat Kolaborasi dan Pengembangan Kerjasama Internasional, Sonny Elfiyanto, MPd PhD, melakukan kunjungan ke museum/gallery setempat.

Pada gallery ini, diekspos kesuksesan para alumni yang mengembangkan usahanya di bidang garment, ekspor impor produk pertanian, trading melalui perkapalan dan kontainer, juga berbagai e-commerce yang sudah bekerjasama dengan Ali Baba dan e-commerce internasional lainnya.

Kegiatan rombongan Unisma kemudian berlanjut menuju salah satu industri yang dikelola alumni SFTV College, yaitu Brandland International Co.Ltd di kawasan Xingdao. 

Perusahaan ini bergerak di bidang industri alat tulis kantor dan furniture. Selain itu, alumni ini juga mengekspor produk-produknya ke Amerika, Selandia Baru dan Rusia.

sumber : jatimtimes