Emil Dardak (Wagub Jatim) Dukung UNISMA jadi Kampus Swasta Islam bertaraf Internasional

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, memberikan dukungan terhadap Universitas Islam Malang (UNISMA) dalam upayanya menjadi kampus bertaraf internasional. Dikatakan, kombinasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan fondasi Islam yang mengutamakan prinsip Ahlussunah Wal Jamaah Nadliyah dapat menjadikan UNISMA sebagai kampus swasta Islam bertaraf internasional.

“UNISMA menjadi salah satu ikon kebangsaan kita dan bagaimana kita menjajaki akreditasi internasional. Artinya, bukan hanya tempat fisik dan lokasi yang baik, tetapi juga menjadi tonggak kebanggaan kita semua, terutama bagi warga Nahdliyin yang telah berusaha dan berjuang,” ujar Emil, setelah menghadiri acara pernikahan putri KH Marzuqi Mustamar di Gedung UNISMA Malang, Minggu (21/5/2023).

Untuk mewujudkan hal itu, Wagub Emil mengungkapkan bahwa UNISMA sedang menerapkan program akselerasi milestone entrepreneurial university menuju World Class University.

Program ini saat ini berada pada tahap milestone entrepreneurial university, yang bertujuan untuk mempercepat berbagai program akademik dan non-akademik dengan fokus pada persiapan lulusan yang menjadi entrepreneur muda yang kreatif, inovatif, unggul, dan memiliki daya saing global.

“Semua hal itu dapat terwujud dengan peningkatan sumber daya manusia yang memiliki banyak kompetensi, integritas keilmuan dan moralitas yang kuat serta unggul,” tambahnya.

Lebih lanjut, Emil Dardak menegaskan bahwa UNISMA secara nyata berupaya untuk menjadi entrepreneurial university. Hal ini terbukti dengan ekspansi UNISMA Malang ke beberapa negara melalui kerjasama dengan perguruan tinggi dan industri luar negeri, seperti Korea Selatan, Taiwan, dan Malaysia.

“Langkah ini memperkuat slogan UNISMA Malang, ‘Dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia’, serta mewujudkan kampus bertaraf internasional pada tahun 2027,” tegasnya.

Emil berharap bahwa rencana dan tindakan konkret yang telah dilakukan oleh UNISMA Malang dalam mewujudkan akreditasi internasional dapat berhasil.

Terlebih berdasarkan versi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) tahun 2020, UNISMA Malang menempati peringkat 33 sebagai Universitas Islam terbaik di dunia tahun 2022 dan peringkat 1 sebagai perguruan tinggi terbaik Nahdatul Ulama di Indonesia serta perguruan tinggi swasta terbaik di Malang Raya.

“Selain itu, menurut versi Kemendikbud tahun 2020, UNISMA menempati peringkat 44 dari 4.593 perguruan tinggi terbaik di Indonesia serta perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia dari 4.034 perguruan tinggi swasta,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UNISMA Malang, Prof. Maskuri, menambahkan bahwa kerjasama internasional dalam tridharma perguruan tinggi antara perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan serta mempersiapkan mahasiswa agar memiliki daya saing di pasar kerja global.

Sebagai informasi tambahan, Wagub Emil menghadiri pernikahan ketiga putri KH Marzuqi Mustamar di Gedung UNISMA Malang. Ia mengucapkan terima kasih karena peran ulama sangat membantu Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menjalankan tugas. “Kami juga bahagia karena para ulama dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur selama ini bersinergi dalam menjalankan tugas sehingga kita bisa tetap istiqomah,” ungkapnya.

“Kami berbahagia atas semua ini. Semoga ketiga putri dan putra-putri Anda menjadi keluarga besar yang selalu dilimpahkan kasih dan rahmat Allah,” tambahnya.

sumber : pilar id