Grand Launching Sport Center Universitas Islam Malang

Usai resmi membuka rangkaian Dies Natalies ke-42 tahun, Universitas Islam Malang (Unisma) menggelar Grand Launching Penggunaan Sport Center dan Ballroom, Rabu (22/2/2023).

Peresmian fasilitas gedung olahraga itu diramaikan dengan pertandingan futsal exhibition antara Tim Rektorat vs Tim Dekanat.

“Fasilitas ini menjadi bagian dari mengolahragakan sivitas akademika. Tentu saja ini (Sport Center dan Ballroom) kita peruntukan untuk sivitas akademika,” ujar Rektor Unisma, Prof Maskuri MSi, Rabu (22/2/2023).

Menurut Maskuri, gedug ini dirancang sebagai pusat kegiatan olahraga berstandar nasional. Meskipun luas lahan dan kapasitas belum terlalu memadai, namun pemanfaatannya akan dioptimalkan untuk berbagai macam jenis kegiatan olahraga. Seperti badminton, basket hingga futsal.

“Fasilitas ini kita peruntukan untuk mahasiswa kita agar supaya dia bisa berlaga pada tingkat nasional atau internasional,” kata dia.

Diketahui, sebelumnya perencanaan bangunan ini diprediksi memakan biaya kurang lebih Rp 4,6 miliar dengan masa pengerjaan selama kurang lebih lima bulan. “Pembangunan ini sudah satu tahun yang lalu, dan kita resmikan kira-kira tiga bulan lalu,” sambungnya.

Ke depan, Unisma tengah bersiap untuk melanjutkan cita-cita besarnya. Termasuk internasionalisasi kampus, melalui pengembangan kualitas sumber daya manusia di bidang riset maupun entrepreneur.

Salah satu lompatan besar yang akan dilakukan yakni membangun tower dengan bangunan 9 lantai. Pembangunan gedung ini disiapkan sebagai sarana bagi tumbuh kembangnya kualitas SDM.

“Insyaallah bulan Maret atau April kita akan peletakan batu pertama,” tutur Maskuri.

Selain itu, Unisma juga terus mendorong internasionalisasi bagi mahasiswa maupun dosen. Begitu pula dengan capaian akreditasi internasional prodi.

“Target kami mudah-mudahan di 2025 atau 2026 mendatang, ada hampir 20 prodi sudah terakreditasi internasional,” tandasnya.