Rektor Unisma menyebutkan banyaknya capaian yang diraih oleh kelembagaan Unisma selama tahun 2022 dalam kesempatannya ketika didapuk menjadi pembina upacara peringatan HUT RI ke 77 tahun yang dilaksanakan di Lapangan Unisma, Rabu (17/8/2022). Rektor juga menyebutkan bahwa capaian prestasi dan program yang diraih adalah sebagai wujud cerminan bangsa yang optimis, bersinergis, dan tegas serta lugas dalam menghadapi tantangan global.

“Adapun capaian yang diraih oleh kelembagaan Unisma diantaranya yaitu, pertama, diraihnya berbagai program hibah dari kemendikbud di tahun 2022, kedua yaitu pengembangan learning managememt system dalam pembelajaran daring yang terdapat 811 mata kuliah, ketiga adalah implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) meliputi pelajar dalam negeri dan pelajar luar negeri,” ujar Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, M.Si, selaku Rektor Unisma, Rabu (17/8/2022).

Prof. Masykuri kemudian melanjutkan capaian program yang diraih oleh unisma yakni seperti outbound mobility, yang merupakan program mahasiswa Unisma yang mengikuti kredit transfer di berbagai Universitas luar negeri yang semuanya mencapai 500 mahasiswa, kemudian inbound mobility yakni mahasiswa luar negeri yang mengikuti program transfer ke Unisma yang berasal dari Uzbekistan, China, Jepang, dan Australia, ia menuturkan bahwa setidaknya terdapat 315 mahasiswa yang berasal dari 34 negara di seluruh dunia.

“Unisma mendapat tunjangan Kemendikbudristek sebesar 7,3milyar dan sejak 2018 Unisma masuk dalam jajaran perguruan tinggi yang menerima jumlah dana penelitian tertinggi tahun anggaran 2022,” jelasnya menambahkan.

Rektor Unisma tersebut kemudian menyampaikan capaian dosen dan kerjasama yang dilakukan oleh Unisma baik di luar maupun dalam negeri.

“Publikasi dosen dalam dunia jurnal internasional terakreditasi terdapat 362 jurnal yang sudah dipublikasi oleh dosen-dosen Unisma yang semuanya patut untuk dibanggakan. Selanjutnya layanan pendukung akademik yakni perpustakaan Unisma sejak 28 Juli 2021 telah mendapatkan Akreditasi A dari Perpustakaan nasional. Kita juga telah melakukan kerja sama dalam negeri hingga Agustus 2022 ini, terbangun dengan DUDI, PTN, PTS, dan Kelompok masyarakat serta kementerian yang semuanya telah memperoleh MOU aktif sebanyak 509 MOU. Kemudian kita turut aktif membangun kemitraan dengan perguruan tinggi luar negeri sehingga Unisma memiliki 186 MOU dan MOI aktif dan telah dilaksanakan,” terangnya.

Diakhir, Rektor Unisma tersebut mengemukakan bahwa pihaknya juga telah menyusun program-program out of the box untuk mendorong mahasiswa agar dapat lulus tepat waktu dan menjadi lulusan yang berguna bagi almamater.

“Kampus kita memberikan nilai A pada mahasiswa yang memiliki prestasi juara 1 atau 2 pada event nasional atau internasional pada mata kuliah yang linier dengan materi lomba, ini kita konversi dengan indikator yang telah ditetapkan dan peserta juga mendapatkan keringanan biaya perkuliahan. Kemudian kita memberi peluang mahasiswa untuk menulis jurnal nasional terindex minimal SINTA 2 dan jurnal internasional terindex SCOPUS untuk selanjutnya dibebaskan menulis skripsi, thesis, dan disertasi dengan kriteria yang telah ditetapkan. Kita juga memberikan kesempatan pada mahasiswa dalam melaksanakan KSN di daerah binaan secara berkelanjutan dan KSN di seluruh dunia yang telah disetujui sehingga kegiatan tidak berpusat di Malang Raya, syarat yang harus dipenuhi yakni minimal semester 3 yang memiliki IPK minimal 3.25 untuk prodi umum dan 3.5 untuk prodi sosial dan keagamaan,” tandasnya.

sumber : https://lenteratoday.com/rektor-sebut-capaian-prestasi-unisma-sebagai-bentuk-optimisme-dan-sinergitas-perayaan-hut-ri-ke-77/

Hotline Saran & Keluhan !