Malang – Universitas Islam Malang (Unisma) meluncurkan buku “Roadmap NU Abad ke-2” yang dipersembahkan sebagai kado istimewa menuju 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) di tahun 2026 mendatang.

Selain itu, diluncurkannya Buku Roadmap NU Abad ke-2 yang dikeluarkan Unisma ini bertepatan dengan momentum Muktamar ke-34 NU yang berlangsung mulai tanggal 22-23 Desember 2021 di Lampung, di saat NU berusia 95 tahun. 

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menyampaikan, Buku Roadmap NU Abad ke-2 ini merupakan hasil refleksi panjang dan pemikiran mendalam dari para kiai, akademisi, praktisi dan aktivis NU yang berkhidmat secara struktural maupun kultural untuk mewujudkan cita-cita NU dari berbagai perspektif. 

“Sehingga berbagai gagasan dalam buku ini memberikan urgensi bagi para tokoh dan fungsionaris NU,” ungkap Prof Maskuri (rektor unisma)

Lebih lanjut, perhelatan Muktamar ke-34 NU menjadi salah satu ruang strategis untuk melakukan refleksi NU selama satu abad sekaligus melakukan konsolidasi pemikiran dan berbagai gagasan dalam rangka menyongsong NU Abad ke-2 di Tahun 2026. 

“Gagasan skenario Roadmap NU abad ke-2 fokus pada rekomendasi yang bertajuk Roadmap ‘Program Bintang 9’, program ini direalisasikan selama 4 phase (2022-2045) menuju Indonesia emas 2045,” terang Prof Maskuri. 

Sementara itu, Prof Maskuri berharap NU Abad ke-2 nantinya harus melakukan 9 program yang dicantumkan dalam Buku Roadmap NU Abad ke-2. 

Pertama, penguatan kualitas dan efektifitas kepemimpinan; Kedua, penguatan ideologi Aswaja; Ketiga, Optimalisasi Dakwah digital; Keempat, penataan manajemen dan penguatan induk organisasi; Kelima, penguatan lembaga-lembaga kultural dan praktik Ubudiyah NU; Keenam, Meneguhkan politik kebangsaan; Ketujuh, Optimalisasi Khidmah NU untuk kesejahteraan jama’ah; Kedelapan, Perluasan Khidmah NU (Sektoral dan Kewilayahan); Kesembilan, Penguatan Kerjasama Negara dan jaringan Internasional.

Sumber : https://www.malangtimes.com/baca/75055/20211222/112700/unisma-luncurkan-buku-roadmap-nu-abad-ke-2-sebagai-kado-istimewa-menuju-1-abad-nu

Hotline Saran & Keluhan !