MALANG – Tim Program Bantuan Pendanaan Program Penelitian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen DIKTIRISTEK tahun Anggaran 2021, Dr. Ir. Anis Sholihah, M.P. sebagai Ketua, dengan anggota Dr. Ena Marlina, S.T., M.T. dan Dr. Fita Mustafida, M.Pd. mengadakan diskusi grup dalam forum (FGD) dalam rangka membangun Gagasan Ilmiah untuk Publikasi di Jurnal Bereputasi sebagai Luaran Penelitian dan Pengabdian MB-KM.

Acara diskusi forum dilaksanakan di Gedung Yayasan Universitas Islam Malang, lantai 4, dengan pemateri utama, Prof. Dr. Ahmad Taufiq, S.Pd., M.Si dari Universitas Muhammadiyah Malang dan pemateri kedua Dr. Ena Marlina, S.T., M.T. dari Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Islam Malang. Acara dipimpin oleh Dr. Fita Mustafida, M.Pd. sebagai MC, dimana acara dibuka langsung oleh Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd, Ph.D., sebagai Wakil Rektor 1 Universitas Islam Malang. Acara Forum Group Discussion dihadiri oleh tim peneliti, dosen serta mahasiswa Universitas Islam Malang baik secara luring maupun daring.

Acara diskusi kelompok forum terkait tips dan trik dalam membangun gagasan ilmiah untuk publikasi di jurnal bereputasi sebagai luaran penelitian dan pengabdian MB-KM yang dipandu oleh moderator, Ita Suhermin Ingsih S.T, M.T. Pemateri pertama, Prof. Dr. Ahmad Taufiq, S.Pd., M.Si. menyampaikan pentingnya publikasi luaran penelitian dan pengabdian MB-KM dalam jurnal internasional beruptasi dengan menggali salah satu draft artikel yang akan dipublikasikan dalam jurnal internasional secara detail mulai dari penulisan judul yang tepat serta ada pembeda yang khusus ada di Indonesia seperti kondisi demografi, penduduk, kompleksitas budaya dan agama.

Kompleksitas tersebut dapat menjadi pembeda artikel serta kurikulum MB-KM yang merupakan kurikulum baru sehingga menambah kebaruan artikel. Acara terlaksana dengan aktif melalui diskusi yang hidup antara peserta baik secara daring maupun luring dengan para pemateri.

Selanjutnya, pemateri kedua Dr. Ena Marlina, S.T., M.T. memaparkan tentang teknis penulisan artikel agar siap untuk dipublikasikan dalam jurnal internasional bereputasi. Penulis seharusnya dapat mengelola dan merangkai kata. Dalam bab pembahasan harus memulai dengan pertanyaan “kenapa data demikian?”.  (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/389102/unisma-malang-dan-pts-di-malang-gelar-fgd-bahas-gagasan-ilmiah-publikasi-dalam-implementasi-mbkm

Hotline Saran & Keluhan !