4.527 Mahasiswa Baru Unisma Ikuti Oshika Maba Hybrid

MALANG KOTA – Tahun ajaran baru di Universitas Islam Malang (Unisma) dimulai Senin (6/9) pagi tadi. Seremonial diawali dengan rapat senat terbuka di gedung bundar Unisma pukul 08.00 WIB. Total ada 4.527 mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan yang digelar secara hybrid (daring dan luring) tersebut.

Dalam pelaksanaan acara dengan tajuk Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (Oshika Maba) Tahun Akademik 2021/2022 itu, selain diikuti rektor dan para senat kampus, hadir 50 perwakilan mahasiswa yang berdomisili Malang Raya. Mereka mawakili total 4.527 mahasiswa yang diterima di 34 program studi (prodi). Jumlah itu termasuk mereka yang menjalani Strata-2 (S2) dan S3 sekaligus mahasiswa asing dari 33 negara sejumlah 109.

Dalam sambutannya, Rektor Unisma Prof Dr Maskuri Bakri MSi mengatakan ada yang pesial dalam pelaksanaan Oshika Maba tahun ini. “Karena untuk tahun ini dihadiri oleh Wapres RI dan para pejabat lembaga tertinggi di negeri ini. Ini adalah suatu kehormatan bagi kami,” terang dia.

Selain Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, sejumlah pejabat yang memberikan sambutan dan kuliah umum adalah Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah; Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar; Menkopolhukam Mahfud MD; Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas; Ketua BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar dan Menkominfo Johnny Gerard Plate.

Kepada para mahasiswa baru, selain ucapan selamat datang, Maskuri juga menyampaikan sejumlah nasihat penting. Salah satunya soal adaptasi di dunia baru ini. “Masa depan tidak memberi tempat untuk orang yang tidak adaptif terhadap dinamika, harus menyiapkan diri menjadi pembelajar cepat, dedikatif, progresif, tangguh dan bermoral,” tuturnya.

Hal ini dikarenakan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang kini digaungkan, salah satunya soal pertukaran pelajar. “Saudara perlu menyiapkan diri menjadi warga global. Ikutilah kesempatan mobilitas global, dan harus Anda gapai, karena Unisma ada program kredit transfer, student exchange, riset kolaborarif, international conference, international seminar kolaboratif dengan mitra perguruan tinggi dunia untuk menjadi student yang hebat,” ujarnya. Hal itu berlaku juga untuk level nasional seperti PKM, PHP2D, Program Wiradesa, dan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di BUMN.

sumber : https://radarmalang.jawapos.com/pendidikan/06/09/2021/4-527-mahasiswa-baru-unisma-ikuti-oshika-maba-hybrid/