MALANG – Pada Malam Satu Muharram (09/08/2021) nanti Universitas Islam Malang (UNISMA) akan melaksanakan doa bersama melalui luring dan daring agar Indonesia tidak terkena bala dan terbebas dari wabah COVID-19.

Doa bersama secara luring yang dilaksanakan di Kampus UNISMA ini akan dipimpin oleh Al-Mukarom Kyai Marzuki Mustamar yang juga Ketua Tanfidziyah PWNU (Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama) Jawa Timur. Dan akan didampingi Rais Syuriah  se-Malang Raya.

“Sementara yang lainnya melalui daring, termasuk sambutan dari Presiden, sambutan Ketua Umum PBNU yang nanti akan diantar oleh Sekretaris PBNU. Setelah instighosah akan dipimpin oleh 9 Kyai Khos Di Indonesia yang akan berdoa secara bergantian. Setelah itu akan disampaikan mauidhoh hasanah dari Kyai H Ahmad Muwafiq,” terang Rektor UNISMA, Prof Dr H Maskuri MSi, pada Senin (09/08/2021) di Ruang Rektorat UNISMA.

Prof Maskuri mengatakan bahwa satu Muharram bisa dimaknai sebagai momentum mengajak berdoa kepada Allah.

“Dimana di Bulan Muharram terjadi banyak peristiwa penting, pertolongan Allah itu banyak diberikan di Bulan Muharram yang sudah dirasakan oleh para nabi dan rasul. Baik kedzaliman yang dilakukan Raja Firaun, Namrud, termasuk juga banjir, termasuk juga dikeluarkannya Nabi Yunus dari dalam perut ikan. Termasuk tobat itu diterima oleh Allah diterima di Bulan Muharram,” tuturnya.

“Maka ini adalah momen yang tidak boleh terlewatkan begitu saja oleh UNISMA sebagai perguruan tinggi untuk mengajak seluruh komponen masyarakat mulai dari Presiden, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Para Kyai Khos di seluruh Indonesia untuk berdoa nanti malam sembari wabah COVID-19 yang masih meluas,” imbuhnya.

Ia mengatakan bahwa doa bersama ini perlu dipanjatkan kepada Allah agar dijauhkan dari bala dan wabah, termasuk juga memohon pertolongan kepada Allah.

“Kami yakin dengan mengetuk pintu Allah diawali dengan pembacaan istighosah untuk meminta pertolongan atas berbagai ujian dari Allah. Termasuk wabah COVID-19 ini bukan hanya untuk Indonesia, tapi juga dunia, maka kita ajak orang-orang yang dekat dengan Allah untuk berdoa nanti malam,” tegasnya.

Terakhir, ia ingin agar acar sebarkan ke seluruh elemen masyarakat termasuk majelis taklim, majelis dzikir, majelis maulid yang selama ini menjadi partner UNISMA selama ini.

“Ada juga majelis Al-Hikmah, Al-Ridhuan, Riyadlul Jannah, majelis sholawat nariyah, dan macam-macam yang mayoritas mengikuti secara zoom, termasuk perguruan-perguruan tinggi Nahdlatul Ulama, dan juga masyarakat umum. Inilah Unisma mengajak masyarakat Indonesia untuk berdoa keluar dari musibah ini,” pungkasnya.

Untuk mengikuti acara doa bersama ini bisa lewat zoom yang sudah disediakan oleh kampus UNISMA, YouTube channel Humas Unisma Channel, dan NU Channel.

sumber : https://tugumalang.id/unisma-gelar-doa-bersama-presiden-ri-agar-terbebas-dari-pandemi-covid-19/

Hotline Saran & Keluhan !