RKM Unisma Kembangkan Rumah Pembudidayaan Ulat Sutera

Tim Rumah Kreatif Mahasiswa 2019 dari Fakultas Pertanian Unisma, telah mendirikan rumah pembudidayaan ulat sutera di desa Panggungrejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Rumah ini terletak di gang Siku no. 4, desa Panggungrejo. Rumah tersebut merupakan rumah milik salah satu warga yang disewa sebagai tempat pengembangan budidaya ulat sutera.

Seperti yang telah diketahui, bahwa budidaya ulat sutera merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek menjanjikan. Melalui program ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat desa Panggungrejo. Kegiatan budidaya ini dibantu oleh berbagai pihak mulai dari perangkat desa, karang taruna dan beberapa masyarakat setempat.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

“Pengembangan budidaya ulat sutera merupakan salah satu program pemberdayaan potensi desa Panggungrejo. Dengan adanya kegiatan Rumah Kreatif Mahasiswa Unisma ini, sangat membantu terlaksananya awal dari pengembangan program tersebut. “Kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang diberikan kepada karang taruna dan beberapa masyarakat desa cukup bermanfaat bagi desa Kami.” ucap Bapak Heru selaku Kepala Desa Panggungrejo.

Kegiatan yang telah dilakukan dalam program RKM ini antara lain, pembuatan rak ulat sutera, penanaman tanaman jarak sebagai pakan ulat sutera, serta pelatihan kepada karang taruna tentang pemeliharaan dan perawatan bagi ulat sutera. Selain itu, juga dilakukan pelatihan tentang cara panen kepompong ulat sutera dilakukan oleh Tim dibantu oleh mentor.

Program pembudidayaan ulat sutera ini telah mencapai tahap 80%, karena telah mencapai satu periode pertumbuhan ulat sutera hingga menjadi kepompong yang siap dipanen. “Diharapkan program tersebut dapat memberikan tambahan ilmu dan manfaat bagi masyarakat kami. Sehingga, dapat dilanjutkan program tersebut oleh karang taruna desa Panggungrejo guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, desa kami terlaksana menjadi desa wisata berbasis edukasi dalam budidaya ulat sutera di Kabupaten Malang.” imbuh Bapak Heru.

Kegiatan Rumah Pemberdayaan Ulat Sutera Ini dilakukan oleh mahasiswa Unisma di bawah bimbingan Dr. Siti Asmaniyah Mardiyani SP. MP.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Addelia Shakilla, RKM Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang (UNISMA)

Hotline Saran & Keluhan !