RKM Unisma Jadikan Desa Panggungrejo Sebagai Agrowisata Petik Sayur Organik

RKM Unisma Jadikan Desa Panggungrejo Sebagai Agrowisata Petik Sayur Organik 

Rumah Kreatif Mahasiswa merupakan salah satu program unggulan Universitas Islam Malang untuk memfasilitasi ide-ide mahasiswa untuk memajukan bangsa. Salah satu program RKM yang terealisasikan adalah program dari mahasiswa Fakultas Pertanian yang dibimbing oleh Ibu Siti Asmaniyah Mardiyani, SP. MP. Program RKM ini telah dilakukan di Desa Panggungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang yang terfokus pada pengembangan Desa Agrowisata petik sayur organik.

Program ini terfokus pada teknik budidaya sayur organik yang bisa menyehatkan masyarakat dan bisa dijadikan agrowisata nantinya. Sayur organik adalah sayuran yang dibudidayakan tanpa bahan kimia dan lebih sehat. Selain sebagai penghasil sayuran organik nantinya di desa ini diharapkan dapat  dikembangkan menjadi desa agrowisata petik sayur. Proses awal penanaman sayuran telah dilakukan dari awal tahun 2020 yaitu tepatnya tanggal 1 Februari 2020 sebagai upaya awal agar nantinya program ini bisa berkembang dengan baik.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kegiatan awal yang telah rampung dikerjakan adalah pebuatan demplot-demplot sayuran, pengolahan lahan organik, pengadaan bibit dan benih, penanaman dan pemanenan sayuran. Penanaman sayuran ini dilakukan di lahan samping rumah warga yang terletak di gang Siku no. 4 Desa Panggungrejo.  Kegiatan dilakukan di salah satu tempat warga ini bertujuan sebagai lahan percontohan program yang nantinya jika sudah berjalan dan sayuran tumbuh dengan baik maka akan bisa diterapkan di seluruh wilayah Desa.

Tanggapan masyarakat desa mengenai program ini sangat baik. Bisa dilihat dengan antusiasnya. Warga dengan ikut berkontribusi dalam pembuatan demplot sayuran dan penanaman. Aparat desa dalam hal ini juga sangat mendukung dengan dimudahkannya proses administrasi yang berkaitan dengan program yang dijalankan.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Tim RKM Sayur Organik Universitas Islam Malang (UNISMA)