FEB UNISMA – Distingsi Program Unggulan Mantapkan Daya Saing

FEB UNISMA Distingsi Program Unggulan Mantapkan Daya Saing

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang menjelang usianya yang ke 39 pada 11 Juni 2020 semakin memantapkan diri sebagai fakultas yang berdaya saing.

Fakultas Ekonomindan Bisnis UNISMA memiliki beberapa program unggulan, baik di level akademik, penelitian, maupun pengabdian pada tiap unit terapan. Program utama yang menjadi bagian dari program unggulan Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah Smart Entrepreneurship, International Program bagi mahasiswa dengan bekerjasama dgn beberapa perguruan tinggi di luar negeri serta Program Magang .

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Nur Diana, SE., M.Si menjelaskan berbagai capaian dan target yang telah dicapai FEB UNISMA selama 5 tahun. Dekan yang asli Aremanita ini mengaku, selain menjalankan program-program yang sudah dilaksanakan pada kepemimpinan sebelumnya, ia juga melaksakan program-program baru yang linier untuk mendukung target dan capaian Universitas Islam Malang.

“Adapun pencapaian program ini didukung oleh program unggulan yang ada ditiap prodi. Tiap kaprodi wajib menyusun dan mempresentasikan Program Unggulan di tiap Program Studi Masing-Masing.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

“Dari 3 program studi yang dimiliki FEB UNISMA yaitu Program Studi Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syariah melakukan presentasi dihadapan tim Reviewer yang menilai kompetensi dan relevasi program unggulan tersebut dengan kebutuhan industri.

“Ini menjadi keharusan agar kami ditingkatan fakultas maupun prodi memiliki keunikan dan keunggulan agar menghasilkan lulusan yang kompeten berdaya saing sejalan dengan implementasi kampus merdeka.

Dekan FEB UNISMA yang getol melakukan inovasi dan gebrakan-gebrakan baru dalam periode kepemimpinannya saat ini menargetkan program unggulan pada level akademik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA seluruh program studinya mendapat akreditasi A dari BAN-PT. Tercatat, di tahun 2018 FEB UNISMA telah berkolaborasi bersama beberapa perguruan tinggi maupun perusahaan baik skala nasional maupun internasional seperti di Malaysia, Thailand, Taiwan, Brunei maupun PT di Indonesia.

Kerjasama dengan institusi lain baik dalam maupun luar negeri kami laksanakan guna menjembatani kebebasan mahasiswa yang mengambil mata kuliah di luar prodi yang ada di FEB UNISMA bisa mudah menjalankannya. Kami harus punya payung hukum untuk implementasi program ini. Tidak menutup kemungkinan mahasiswa diluar prodi / institusi kami juga bebas mengambil mata kuliah di kampus kami.

Di bidang Kurikulum FEB Unisma telah melakukan berbagai penyiapan menyambut Kebijakan Kampus Merdeka diantaraya kegiatan seperti secara rutin melakukan tracer studi dengan alumni, user lulusan, dunia industri, mengundang pakar, asosiasi profesi. Penyusunan Kurikulum Berbasis Oucome, Workshop Redesign Kurikulum Era Revolusi Industri 4.0: Content dan Penyusunan RPS, Study Banding Kurikulum unggulan dengan Perguruan Tinggi Mitra di luar Negeri. “Ini kami jadikan pijakan dalam mengemas kurikulum yang ada di 3 prodi yaitu Prodi S-1 Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah. Hal ini juga didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dalam implementasi program unggulan di FEB UNISMA. Dalam implementasinya, kami memberikan kebebasan mahasiswa untuk memilih mata kuliah sesuai passion mereka dan tentunya didukung oleh kurikulum merdeka.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Selanjutnya Ibu Diana, demikian panggilan akrab Dekan FEB UNISMA menegaskan bahwa bentuk kemerdekaan belajar di FEB UNISMA juga ditunjukkan adanya kebebasan memilih jadwal kuliah dapat disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.

“Kampus kami menerapkan blended learning ini dalam proses pembelajaran. Jadi hal ini akan memberikan kemudahan belajar bagi para mahasiswa. Selain itu, pada program unggulan di bidang penelitian FEB UNISMA terus-menerus meningkatkan jumlah penelitian, jurnal publikasi internasional maupum HAKI.

“Kami akan akan terus-menerus membudayakan riset agar tidak hanya menjadi target saja tetapi menjadi bagian iklim akademik yang seharusnya dilakukan seluruh civitas akademika. Program unggulan ini didukung oleh SDM kompeten yang dalam implementasinya kami juga melakukan riset dari berbagai sumber pendanaan dari hibah institusi maupun diluar institusi.

“Kita memiliki keunggulan dimana dosen kita adalah ialah dosen produktif yang memiliki jiwa muda dan mendukung kita untuk belajar, berimajinasi, berkreasi dan inovatif”. Dari sinilah akan mendukung kreatifitas dan inovasi mahasiswa.

Pada bidang pengabdian Masyarakat FEB UNISMA memiliki Tax Center dan Pusat Studi Perpajakan, Pusat Pendidikan dan Pengkajian Pasar Modal Beserta Galeri Investasi, Pusat Studi Ekonomi Islam dan Laboratorium ZISWAF, Laboratorium Perbankan, Laboratorium Digital Marketing dan Entrepreneurship, dalam pengembangannya juga digunakan oleh dosen dan mahasiswa untuk memberikan edukasi perpajakan dalam bentuk relawan pajak, edukasi pasar modal kepada masyarakat, pendampingan UMKM, konsultasi Bisnis dan lain sebagainya sebagai bentuk kemandirian Fakultas Ekonomi dam Bisnis UNISMA dalam hal publikasi.

“Di tempat itulah dosen bisa belajar dan mengasah kompetensinya dalam hal penelitian dan publikasi. Mahasiswa juga diperkenankan untuk belajar dan magang pada laboratorium tersebut.

“Apapun passion mahasiswa kami dalam memilih program atau mata kuliah sejalan kebijakan kampus merdeka, kami telah mencanangkan ada 3 prioritas program unggulan FEB UNISMA yaitu Smart Entrepreneur, Self Development Program dan Leadership & Management Program, pungkas Dekan FEB UNISMA.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Humas FEB Unisma Malang