Publikasi FK Unisma Malang Gelar Penyuluhan Pemanfaatan Tanaman Herbal

Telah dilaksanakan publikasi berbasis pengabdian masyarakat  oleh dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang di SMA 2 Kediri pada tanggal 19 Februari 2020 oleh dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang yakni, dr. Erna Sulistyowati, M.Kes., Ph.D. dan Ike Widyaningrum, M. Farm. Pengabdian masyarakat yang dilakukan di SMA 2 Kediri berupa penyuluhan kesehatan.

Tiba di SMA 2 Kediri sekitar pukul 09.00 dan disambut baik oleh Kepala Sekolah SMA 2 Kediri, Bapak Sony Tataq Setya Suwasono, M.Pd. Setelah beramah tamah dengan Kepala Sekolah dosen FK UNISMA diantarkan ke ruang multimedia SMA 2 Kediri untuk melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan.  Penyuluhan tersebut dihadiri sekitar 40 siswa kelas XI. Kegiatan penyuluhan dimulai dengan rangkaian pembukaan oleh Bapak Luwi Adi Basuki , ST. salah satu tenaga pengajar di SMA 2 Kediri dilanjutkan dengan pre tes sebelum materi dipaparkan.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Tema yang diangkat pada penyuluhan di SMA 2 Kediri adalah pemanfaatan kenakeragaman hayati. Hal tersebut disesuaikan dengan salah satu misi FK UNISMA mengenai pemanfaatan keanekaragaman hayati.  Pemanfaatan keanekaragaman hayati pada penyakit hipertensi merupakan judul yang dibawakan oleh dr. Erna dan pemanfaatan kunyit sebagai pereda nyeri disampaikan oleh bu Ike. Pada kesempatan tersebut dr. Erna memaparkan berbagai jenis keanekaragaman hayati yang dapat dimanfaatkan untuk penyakit hipertensi seperti salah satunya tanaman pegagan. Diketahui bahwa pegagan memiliki kandungan kimia yang salah satunya adalah flavonoid yang diketahui memiliki efek yang dapat digunakan pada penyakit hipertensi. Di samping itu, tanaman pegagan merupakan tanaman yang menjadi fokus riset dari dr. Erna. Selanjutnya mengenai kunyit yang merupakan fokus bahasan penyuluhan kali ini. Kunyit merupakan tanaman yang sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman yang sangat mudah ditemui di dapur rumah, bukan hanya memiliki manfaat sebagai bumbu masak akan tetapi juga memiliki khasiat sebagai pereda nyeri bahkan telah digunakan sejak nenek moyang kita. Dewasa ini, kunyit juga sering dijumpai untuk digunakan sebagai perawatan wajah.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Saat materi dipaparkan tampak antusiasme peserta memperhatikan pemateri dalam hal ini adalah dosen FK UNISMA. Hal tersebut tampak saat adanya sesi tanya jawab mereka mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri serta mejawab soal post test yang diberikan. Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil pre test dan post test. Hasil post tes sangat baik.

*)Pewarta: Humas Fakultas Kedokteran (FK) Unisma Malang

Hotline Saran & Keluhan !