Penuhi Tuntutan Revolusi Industri 4.0 FEB UNISMA Gelar Workshop Peninjauan Kurikulum

Dalam rangka untuk meningkatkan pengembangan penyusunan kurikulum S1 akuntansi berbasis revolusi industri 4.0 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang melakukan Workshop Peninjauan Kurikulum dalam Era Revolusi Industri 4.0. Acara yang digelar di Ruang Pertemuan K.H. Masykur Gedung Yayasan Universitas Islam Malang Lantai 4 ini berlangsung selama 2 hari yakni 28-29 Februari 2020 dengan narasumber Syaiful Ali SE, MIS, PhD Akt, CA dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Jogjakarta.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Nur Diana, SE., M.Si dalam sambutannya saat membuka acara workshop menyampaikan bahwa terdapat 3 skill teratas yang harus dimiliki oleh SDM pada tahun 2020 menurut World Economic Forum ( WEF) diantaranya skill mampu memecahkan problem yang komplek, social skill, system skill, dan lain-lain. Ini menunjukkan terjadinya pergeseran kompetensi SDM era tahun 2015 menuju tahun 2020. Disatu sisi skill yang dibutuhkan SDM dari bidang bisnis juga mengalami pergeseran. Hal inilah yang menjadi problem besar bagi perguruan tinggi khususnya FEB UNISMA untuk merespon pergeseran kompetensi SDM tersebut melalui pembenahan / peninjauan kurikulum bidang Bisnis.

“Saat ini kami sadar, segala upaya kegiatan inovatif dan kreatif, peningkatan kualitas sarana dan prasarana pembelajaran, peningkatan kompetensi dosen, workshop kurikulum berbasis OBE maupun KKNI telah kami lakukan. Saat ini kami sadar bahwa Era 4.0 telah berdampak pada pergeseran Kebutuhan kompetensi lulusan FEB UNISMA. “Lulusan FEB harus mampu kompetitif di dunia kerja sejalan dengan keterserapan lulusan, maka dari itu kurikulum dan sistem pembelajaran kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan industry.”

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Workshop yang dipandu oleh Bapak Syaiful Ali SE, MIS, PhD.Akt. CA ini merupakan narasumber yang memberikan wawasan dan technical Assistan kepada kelompok dosen yang saat ini sedang memperbaiki dan menyempurnakan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester.

Sementara itu narasumber dalam paparannya menyampaikan bahwa Era 4.0 telah mengubah kebutuhan kompetensi SDM S-1.

“Jika dulunya lulusan S1 diserap kerja pada level lower yang notabene pekerjaan yang bersifat klerikal, terstruktur dan rutin. Saat ini pekerjaan pada level lower tergantikan oleh Robotic, Business Process Automation, Artificial Intellegence.

“Lulusan S1 harus ditingkatkan kompetensinya pada level middle, yang tidak mungkin tergantikan oleh robotic, dan lain-lain. Bagi perguruan tinggi harus sadar, apakah lulusannya terserap oleh pasar? untuk itulah perlu desain ulang kurikulum prodi selaras dengan kebutuhan era 4.0 agar lulusan berkualitas dan kompetitif, demikian paparannya.

“Program studi harus melakukan persiapan dengan menyiapkan sistem pembelajaran dan kurikulum inovatif dan kreatif selaras dengan kebutuhan industri sebagaimana gaung era revolusi industri 4.0 telah mempengaruhi dunia industri.”

Acara yang diikuti oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis berlangsung selama dua hari penuh ini, diikuti sangat serius manakala bapak Syaiful Ali, PhD selaku narasumber memberikan materi penuh semangat dan technical asistance kepada kelompok-kelompok dosen yang sedang mendesain kembali RPS mata kuliah yang terimbas Revolusi Industri 4.0 serta menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk tiap mata kuliah.

Adapun area workshop yang diselenggarakan FEB UNISMA meliputi bagaimana menyiapkan lulusan bersaing era RI 4.0 yang marak diadopsi dunia industri, Persiapan Perguruan Tinggi dalam menyusun mata kuliah yang terkait RI 4.0,mengisi topik RI 4.0 ke konten Mata Kuliah, meningkatkan soft skill mahasiswa yang mendukung RI 4.0.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Setelah acara workshop tersebut, masing- masing dosen rumpun mata kuliah menyusun dan mempresentasikan RPS mata kuliah yang sudah disempurnakan dengan dipandu oleh narasumber. Acara diakhiri dengan pemberian cindera mata oleh Dekan FEB UNISMA dan foto bersama.

*)Pewarta: Humas FEB Unisma Malang

Hotline Saran & Keluhan !