Optimalkan Layanan Karier Kepada Mahasiswa, CDC LP2RP Unisma Gelar Training For Career Trainer Bersama ECC UGM

Mengawali tahun 2020 CDC LP2RP Unisma menggelar Training for Career Trainer oleh Engineering Career Center (ECC) Universitas Gajah Mada (UGM) kepada tim career trainer CDC LP2RP, tgl 9-11 Januari 2020. Kegiatan dilakukan di ruang seminar gedung Umar bin Khotob lantai 4, dan dibuka oleh Wakil Rektor 3 Dr. H. Badat Muwakhid, M.P. Dalam sambutannya Wakil Rektor 3 menyatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menyiapkan trainer persiapan career bagi mahasiswa/fresh graduate pada semua fakultas di Unisma.

Menurut ketua LP2RP Unisma Dr. Dyah W., M.Pd, kegiatan ini dilakukan agar tim career trainer CDC LP2RP Unisma lebih optimal dalam memberikan pendampingan kepada mahasiswa dalam mempersiapkan karier maupun membangun bisnisnya. Dengan career training yang lebih optimal diharapkan sejak awal mahasiswa dapat memahami persiapan karir mereka, lebih siap, dan percaya diri dalam menghadapi proses seleksi dan rekruitmen kerja.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Fasilitator kegiatan ini adalah trainer dalam bidang training dan people development dari ECC UGM yaitu Nurhadi Irbad, Haryo Kusuma Wibawa, Ria Apliria, dan Tita Anwar yang membawakan training secara komunikatif dan menyenangkan dengan konsep Fun, Instingfull, dan Totally practical (FIT). Tim ECC UGM juga memfasilitasi online assessment dan assessment complete report, yang meliputi personality style, career interest, dan potential mapping.

Sasaran training ini adalah peserta menguasai modul training persiapan karier, menjadi trainer pada kelas training persiapan karier, dapat menyelenggarakan training dengan tingkat kepuasan terhadap pelaksanaan training persiapan karier >90%.

Selama tiga hari peserta dibekali gambaran keseluruhan proses career training, mulai dari bagaimana memfasilitasi mahasiswa/fresh graduate untuk mengenali passionnya, menentukan pilihan karier, dan membangun personal branding, yang dilanjutkan dengan immerse, penyusunan cover letter & CV yang menarik dan persiapan job interview.

Materi penting selanjutnya adalah audience needs analysis, yakni mengenali kebutuhan audiens, membuat struktur konten, dan slide materi. Setelah memahami persiapan career training, selanjutnya dilakukan pembekalan tentang delivery, yaitu bagaimana menyajikan training yang baik, disertai dengan roleplay delivery training, dan feedbacknya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Pada hari ketiga, dilakukan praktik training persiapan karier kepada mahasiswa, yakni 20 orang perwakilan mahasiswa sebagai sasaran praktik yang sebenarnya. Setelah kegiatan praktik training, dilanjutkan dengan evaluating & promoting training program dan action plan.

Kegiatan training for career trainer ini akan ditindaklajuti dengan penyusunan program career training bagi mahasiswa Unisma mulai semester 1 hingga menjelang lulus dan implementasinya pada berbagai fakultas di Unisma yang dikoordinasikan oleh CDC LP2RP Unisma. Untuk lebih mengoptimalkan program layanan karier, diprogramkan juga training for career coach dan business coach kepada perwakilan ormawa pada masing-masing program studi di Unisma untuk melakukan peer-coaching kepada teman mahasiswa atau adik tingkatnya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Reporter: Dr. Hj Dyah Werdiningsih, M.Pd., Ketua LP2RP Universitas Islam Malang (Unisma)

Hotline Saran & Keluhan !