FEB Unisma Malang Gelar Studium Generale Kepemimpinan Profesional dan Berakhlaqul Karimah

Studium Generale Membangun Kepemimpin yang Berakhlaqul Karimah dan Profesional Dalam Mendukung Indonesia Maju dilaksanakan pada 20 Desember 2019 oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang dengan Narasumber Prof. Dr. Mas’ud Said, M.Si selaku Komisaris Independen PT. Bank Jatim Indonesia dan Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama Jawa Timur. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2019 dari program studi Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syariah yang saat ini sedang menempuh Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa. Gelaran Studium Generale ini bertempat di Hall K. H Abdurrahman Wahid Gedung Pascasarjana Lantai 7 Universitas Islam Malang.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id     

Acara Studium Generale ini dibuka Oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA, Ibu Nur Diana, S.E., M.Si yang dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Studium Generale Kepemimpinan yang Profesionalisme dan Berakhlaqul Karimah merupakan manifestasi perwujudan visi dan misi FEB yang berupaya mewujudkan jiwa kepemimpinan yang memiliki sikap akhlakul karimah dan profesional sebagaimana karakteristik seorang pemimpin yang ideal diantaranya memiliki sikap tawakal, ikhlas, menentang zuhud, mampu mengispirasi dan menjadi tauladan, memiliki kreativitas yang tinggi, transparan dan siap menerima kritik. Di samping itu kami berharap dalam latihan kepemimpinan merupakan upaya pendidikan karakter bagi mahasiswa demi terwujudnya sumber daya manusia unggul guna mendukung Indonesia maju, ujar Dekan FEB Unisma ini.

Sementara itu Prof. Dr.H. Mas’ud Said dalam paparannya menyampaikan sumber daya manusia yang ideal diperoleh dari keluarga, lingkungan dan organisasi yang meliputi akademiknya kuat, sosial politiknya top, memiliki skill distinctive dan religiusitasnya mantap. “Rangkaian ini akan membentuk pribadi yang kuat dan berkarakter. Pribadi yang berkualitas didorong oleh pendidikan yang baik, mengasah talenta yang positif, mengikuti kelompok profesi, penguatan komunikasi dengan dukungan bahasa, IT dan relasi yang konstruktif.”

Selanjutnya beliau yang juga aktif sebagai Direktur Pascasarjana Universitas Islam Malang ini memberikan beberapa tips sebagai pemimpin yang kompeten itu kuncinya: harus memiliki self confidence, deciveness,energy, personal integrity, service mentality, emotional maturity.

“Seorang pemimpin juga harus memiliki berbagai skill, diantaranya communication skill, social skill, influence skill, analytical skill, technical skill dan continual skill. Berbagai skill yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin akan mendukung behaviour pemimpin itu dalam menjalankan serangkaian tugasnya.”

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id                                                                                                      

Studium Generale ini merupakan rangkaian kegiatan LKMM FEB 2019 dan selanjutnya seluruh peserta akan digodok berbagai kegiatan pelatihan kedisiplinan, baris berbaris, pelatihan upacara, materi wawasan kebangsaan, materi cinta tanah air, analisis sosial bertempat di Dodikjur Rindam V Brawijaya untuk mengikuti pendidikan dan pendalaman kepemimpinan selanjutnya sampai 21 Desember 2019.

Hotline Saran & Keluhan !