Himaprodi Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UNISMA Sukses Gelar Seminar Nasional Pertama (SENANDIKA 2019)

Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2019 yang digelar pada tanggal 14 Desember 2019 di Hall Usman Mansur Unisma Malang oleh Himaprodi Pendidikan Matematika dibawah naungan Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang mendapatkan antusiasme tinggi. Dengan mengangkat tema Gerak Lincah Pembelajaran Matematika di Era Intelegensi Semu, 362 peserta dan pemakalah dari berbagai universitas berpartisipasi dalam seminar ini, diantaranya dari Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Wisnuwardhana Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, STKIP PGRI Pasuruan, IAIN Kediri, STKIP Tulungagung, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, IKIP PGRI Jember, Universitas Pendidikan Mandalika Mataram, Universitas Islam Balitar, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Borneo Tarakan. Tidak hanya diminati oleh kalangan mahasiswa dan dosen, seminar yang baru dilaksakan pertama kali ini juga diikuti oleh para guru dari beberapa sekolah diantaranya SMP Negeri 2 Sukorejo, SMALB Muhammadiyah Jombang, dan SMA Modern Al-Rifa’ie Malang.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id 

Prof. Dr. H. Surahmat, M.Si selaku narasumber dalam SENANDIKA 2019 mengemukakan bahwa penggunaan ICT dalam dunia pendidikan merupakan kebutuhan yang mutlak. Senada dengan hal tersebut, Dr. H. Abdur Rahman As’ari, M.Pd., M.A selaku narasumber juga menyatakan bahwa pendidikan matematika di era intelegensi semu tidak cukup hanya dengan mengajarkan kemampuan matematika (mathematics skills), namun juga dibutuhkan kemampuan berpikir (thinking skills), yang meliputi Pattern Recognition, Representation, Computational Thinking, Problem Solving, Interpretation, Critical Thinking, dan Creative Thinking.

SENANDIKA 2019 dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr. Hasan Busri, M.Pd. Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa seminar nasional ini dapat meningkakan kerja sama antar perguruan tinggi dalam pengajaran, penelitian, pengembangan masyarakat, dan penerbitan karya ilmiah, khususnya dalam bidang Pendidikan Matematika. Artikel terbaik dalam SENANDIKA 2019 akan diterbitkan di Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) UNISMA yang saat ini sudah terindeks Sinta, Google Scholar, Indonesia One Search, Bielefeld  Academic Search engine (BASE), Garuda (Garba Rujukan Digital), Moraref, Dimensions, dan PKP Index.

Dalam SENANDIKA 2019 ini, Filda Febrinita, S.Pd., M.Pd, dosen Prodi Teknik Informatika, Universitas Islam Balitar dan Ria Amalia, M.Pd, dosen Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Jember meraih penghargaan sebagai penulis artikel terbaik. “Pengalaman luar biasa bagi saya dapat bergabung dalam SENANDIKA 2019, tidak hanya mendapat banyak wawasan baru dalam dunia pendidikan dari dua narasumber dalam seminar ini, saya juga bisa menjalin komunikasi dengan berbagai kalangan dalam dunia pendidikan, yaitu para guru, mahasiswa S1 hingga S3 dan dosen-dosen lain dari berbagai universitas terutama dalam sesi presentasi di kelas pararel,” ujarnya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id 

Hotline Saran & Keluhan !