Alumni FK Unisma Malang Menjadi Peserta Terbaik 1 Pada Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD)

Dalam rangka Implementasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) serta kesiapan operasional Public Safety Center (PSC), Dinas Kesehatan Kabupaten Malang mengadakan Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) yang diikuti oleh seluruh Puskesmas Kabupaten Malang, RSUD se Kabupaten Malang, dan Tim PSC dari Dinkes Kabupaten Malang. Dalam angkatan I pelatihan ini, Puskesmas Karangploso mengutus tim yang terdiri dari dr. Bagoes Ario Bimo (Alumni FK Unisma Malang angkatan 2007) dan kedua perawatnya yaitu Antrisnawati, Amd. Kep dan Adi Surya Anggara S., Amd. Kep  untuk mengikuti kegiatan ini di Hotel Aria Gajayana Malang selama tiga hari (8-10 November 2019).

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Pada hari pertama, Acara dibuka oleh Ibu Triawignami, SKM. M.Kes Selaku Ketua Pelaksana Pelatihan PPGD PSC sekaligus Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang yang mewakili dr. R. A. Ratih Maharani, MMRS selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang yang berhalangan hadir pada kesempatan tersebut. Setelah Acara Pembukaan kemudian dilanjutkan penyampaian materi yang disampaikan oleh dr. Ari Prasetyadjati Sp. EM yaitu tentang Sistem SPGDT, Life Threatening Arrythmia, dan Triage. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh dr. Suryanto Eko A.N., Sp. Em tentang Kegawatdaruratan Airway dan Kegawatdaruratan Breathing serta yang terakhir materi yang disampaikan oleh dr. Tommy Kristanto, Sp.EM. tentang Circulation danResusitasi Cairan. Selain penyampaian materi kepada peserta Tim Instruktur jua melatih Skill dari para peserta diantaranya Airway Management & Ventilation, Cardiac Arrest, serta Acces (intravenous & Intra Oseous).

Tak kalah menarik dihari kedua, materi yang disampaikan oleh Tim Instruktur dari PERDAMSI kembali disampaikan oleh dr. Suryanto Eko A.N., Sp. Em Menyampaikan materi tentang Pengantar Trauma, Trauma Kepala dan Trauma Tulang Belakang. Kemudian materi tentang Trauma Dada, Trauma Abdomen, serta Trauma Anggota Gerak dan Pelvis yang disampaikan oleh dr. Tommy Kristanto, Sp.EM.Sesi penyampaian materi kepada peserta dihari kedua diakhiri oleh dr. Ari Prasetyadjati Sp. EM yang merupakan Residen pertama Ilmu Kedokteran Emergensi yaitu tentang Trauma pada Anak, Trauma pada Kehamilan, Luka Bakar dan Trauma Inhalasi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Masih dihari kedua, setelah ishoma pelatihan dilanjutkan dengan sesi diskusi dimana para peserta dibagi menjadi 4 kelompok, dr. Bagoes Ario Bimo tergabung dalam kelompok 3 dan terpilih sebagai Juru Bicara untuk mewakili kelompok tersebut. Dalam sesi diskusi para peserta diberikan ilustrasi kasus mengenai triase dalam Pertolongan Pertama Gawat Darurat untuk kemudian setiap kelompok menyampaikan jawaban dan menyampaikan alasan dari jawaban mereka. Alhasil kelompok 3 yang diwakili oleh dr. Bagoes Ario Bimo mendapatkan poin sempurna dibandingkan dengan kelompok lainnya. Atas hasil tersebut Tim Instruktur mempercayakan dr. Bagoes Ario Bimo dan dua perawat yang dipilihnya untuk memimpin simulasi Triase dan Initial Assesment yang disaksikan oleh peserta Pelatihan lainnya dengan seksama. Walaupun masih ada kekurangan dalam memerankan simulasi tersebut dr. Bagoes Ario Bimo dan timnya tetap mendapatkan apresiasi dari Tim Instruktur, panitia serta peserta lainnya. Setelah sesi Simulasi berakhir, para peserta kembali dibagi 3 kelompok kecil untuk melakukan latihan organisasi resusitasi tentang Initial Assesment, Trauma Scenario dan Cardiac Scenario.

Di hari terakhir, sebelum dilaksanakannya Tes Tertulis dan Ujian Skills, ketiga instruktur menyampaikan materi tentang Tidak Sadar dan Kejang, Sesak Nafas, Nyeri Dada, Nyeri Perut, Demam, Syncope, dan Mass Casuality Incident. Rehat dari materi peserta melanjutkan tes tulis guna mengukur kemampuan materi yang telah disampaikan selama 3 hari. Diberikan waktu untuk ishoma kemudian dilanjutkan dengan Ujian Skill untuk mengukur kemampuan kerjasama tim dalam melakukan tindakan Pertolongan Pertama Gawat Darurat. Tim Puskesmas Karangploso yang dipimpin oleh dr. Bagoes Ario Bimo mendapatkan giliran kedua yang diuji oleh dr. Tommy Kristanto, Sp.EM.

Tiba di penghujung acara, dr. Suryanto Eko A.N., Sp. Em membacakan hasil Tes tulis maupun ujian skills. Dari seluruh instansi (masing-masing terdiri dari satu dokter dan dua perawat) yang mengikuti Pelatihan PPGD PSC angkatan 1 ini dinyatakan Lulus semua. Kemudian lebih lanjut dr. Suryanto Eko A.N., Sp. Em membacakan peserta terbaik baik dari Dokter maupun Perawat yaitu:

  1. dr. Bagoes Ario Bimo (Puskesmas Karangploso) sebagai peserta Dokter terbaik I,
  2. dr. Yenny Ardiani (Puskesmas Lawang) sebagai peserta Dokter terbaik II,
  3. Yuli Ahmad (Puskesmas Jabung) sebagai peserta Perawat Terbaik I
  4. Sih Lestari (Puskesmas Jabung) sebagai peserta Perawat Terbaik II

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Sebelum menutup acara dr. Helma Evi Yeni (Kepala Seksi Yankes Rujukan) berpesan agar semua yang didapatkan dari Pelatihan Ini dapat dibagikan kepada sejawat-sejawat yang lain serta guna mempersiapkan SPGDT di Kab Malang agar bisa segera diaplikasikan.

Hotline Saran & Keluhan !