FEB Unisma Gelar Accounting Festival 2019

Ajang rutin tahunan yang menjadi agenda bergengsi Program Kerja Himpunan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma kembali digelar pada November 2019. Ada yang berbeda pada ajang kali ini dibanding tahun lalu. Jika pada tahun 2018 kemarin kompetisi ini hanya melibatkan kompetisi tingkat SMA, SMK dan MA maka pada tahun 2019 Accounting Festival 2019 mengadakan kegiatan Kompetisi Cerdas Cermat Akuntansi-CCA 2019 dengan tema “Improve Your Skills In Accounting Competition and Show You Are Best Generation” untuk peserta dari SMA/SMK seluruh Indonesia dan National Call For Paper-CFP 2019 dengan tema “Sustainability Accounting Profession In The Digital Economic Era 4.0” untuk peserta mahasiswa/i dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kegiatan seleksi yang dilakukan secara online ini melibatkan  juri yang kompeten hingga terseleksi masing- masing kegiatan ini 10 finalis terbaik untuk mengikuti seleksi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma.

Acara lomba yang digelar pada tanggal 19 Nopember 2019 bertempat di Hall. K.H Oesman Mansoer lantai 4 ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang, Ibu Nur Diana, SE., M.Si. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma menyatakan Selamat datang di Kampus FEB Unisma dan Selamat menjadi Finalis Ajang Bergengsi Cerdas Cermat Akuntansi serta National Call for Paper 2019 yang menjadi ajang Accounting Festival 2019. Beliau juga menyampaikan bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat akan meningkatkan penggunaan teknologi pada bidang akuntansi dan audit.

Saat ini, teknologi mengotomatiskan kegiatan akuntansi rutin yang menghasilkan pengurangan pekerjaan di seluruh dunia. Lebih jauh lagi dampaknya adalah akuntan dan kantor akuntan akan “dipaksa” mengembangkan aplikasi bergerak (mobile) untuk dapat mengakses data secara langsung dari perangkat telepon genggam, tablet dan virtual reality (VR). Audit laporan keuangan dilakukan berbasis  real-time  dimana regulator dan auditor menarik data yang dibutuhkan secara otomatis langsung dari sistem dan sensor yang melekat pada kegiatan operasional sehingga transparansi dan keakuratan data yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Apabila akuntan tidak memiliki keahlian yang memadai di dalam teknologi informasi maka profesi lain dapat mengambil alih fungsi akuntan, sehingga dapat dikatakan teknologi informasi adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi untuk dipelajari dan dimengerti oleh akuntan itu sendiri. Mengatasi hal ini Perguruan Tinggi sebagai tempat yang menghasilkan SDM maju harus selalu berbenah agar kompetensi lulusan adaptif terhadap kebutuhan ini, siap menghadapi persaingan Era Revolusi 4.0. Artificial Intelegence, Robotic, Big data, Data Mining menjadi isu yang sangat signifikan dalam menggerus profesi Akuntan.

Acara yang digelar dengan berbagai ajang kompetisi baik dari tingkat SMA berupa lomba Cerdas Cermat Akuntansi yang diikuti oleh 122 peserta dari seluruh Indonesia mulai dari seleksi Online saat ini berhasil disisihkan 10 Finalis Terbaik yang dipertandingkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA. Sedangkan untuk ajang Call for Paper diikuti sebanyak 78 peserta yang juga dilakukan seleksi online untuk menghasilkan 10 Finalis terbaik dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Sebelum acara lomba dimulai, dilaksanakan Seminar Akuntansi dengan Tema ”Sustainability Accounting Profession In The Digital Economic Era 4.0” dengan narasumber Dr. Dwiyani Sudaryanti, SE., M.Si., Akt (Dosen FEB Unisma). Acara lomba yang berlangsung seharian penuh  bertempat di Ruang pertemuan  K.H Masykur Gedung Yayasan Unisma dan Ruang Multimedia FEB Unisma telah menghasilkan  juara untuk Cerdas Cermat Akuntansi Tingkat SMK dimenangkan oleh SMK Negeri  1 Turen (Juara 1), SMK Pasirian (Juara 2). Untuk kategori Tingkat SMA/MAN sebagai Juara 1 dimenangkan oleh MAN 2 Kota Malang. Sedangkan untuk Tingkat Mahasiswa dalam ajang Call for paper sebagai Juara dimenangkan oleh  tim dari Universitas Negeri Semarang, tim dari Universitas Islam Malang dan tim dari Universitas Merdeka Malang.

Closing acara ditutup oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang yang dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan Selamat kepada semua pemenang lomba semoga acara AFEST 2019 yang telah digelar sebagai ajang tahunan ini dalam menghasilkan calon-calon Akuntan handal dan kompeten yang siap bersaing di Era 4.0. Sedangkan bagi pemenang lomba Cerdas cermat Akuntansi Tingkat SLTA, MAN dan SMK selain mendapatkan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan juga mendapatkan Beasiswa dari Rektor Universitas Islam Malang.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Hotline Saran & Keluhan !