FEB UNISMA Kupas Tuntas Peran Bahasa Inggris Bisnis  Dalam Komunikasi Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang menggelar Seminar “The Role English Business in Business Comunication“. Seminar yang diselenggarakan di Ruang K.H Abdurrahman Wahid Gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang lantai 7 ini menghadirkan Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D sebagai Narasumber.

Acara yang diikuti oleh 900 mahasiswa angkatan 2019 FEB UNISMA, digelar dalam rangkaian Peresmian lembaga International Development Division (IDD) FEB Unisma yang didalamnya meliputi peresmian Laboratorium Bahasa Asing, kelas Multimedia, International Class Program, dan sebagainya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Acara dibuka oleh  Dekan FEB Unisma, Nur Diana SE, M.Si yang dalam sambutannya menyampaikan dalam mendukung misi internasionalisasi perlubadanya dukungan keterampilan bahasa asing memadai bagi sumberdaya manusia FEB Unisma, apalagi era Revolusi Industri 4.0 yang telah menggeser peranan manusia dengan teknologi untuk pekerjaan yang bersifat teknis. Maka dari itu SDM yang memiliki komoetensi extra ordinary yang mampu bertahan, di antaranya harus memiliki  kemampuan komunikasi bisnis yang tinggi dengan dukungan bahasa asing yang memadai.

“Komunikasi memiliki peran vital dalam bisnis. Tanpa kemampuan komunikasi yang baik, transaksi bisnis tidak akan berjalan  baik antara produsen, distributor, dan konsumen, dan entrepreneur. ” Perlu efektivitas kegiatan entrepreneur akan menurun. “Sudah saatnya kita belajar tentang  bagaimana penerapan bahasa Inggris untuk meningkatkan bisnis”. “Untuk mendukung hal tersebut, FEB Unisma saat ini telah menyediakan sarana berupa laboratorium bahasa asing, mendirikan IDD sebagai unit yang menfasilitasi kegiatan mahasiswa dan dosen berkaitan dengan internasionalisasi, international class, kelas multimedia, dan sebagainya. “Harapan kami, Lulusan FEB Unisma menjadi SDM Unggul dan  menjawab kebutuhan industri.”

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Sementara itu Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D selaku narasumber menjabarkan peranan bahasa inggris sebagai komunikasi internasional, bahkan  PBB  mengakui ada  7 bahasa internasional, tetapi yang memainkan peran penting di dunia adalah bahasa Inggris. Seringkali bahasa pergaulan internasional.

” Untuk pemanfaatan bahasa Inggris sebagai fungsi komunikasi bisnis, tergantung bagaimana menyampaikan narasi dalam berbahasa untuk kepentingan bisnis. Hal ini dibutuhkan guna membangun hubungan transaksi bisnis antara suplier dengan perusahaan, konsumen dengan tim marketing terkait produk yang ditawarkan.

” Hal vital lainnya perlu memperhatikan pemilihan kata dalam bisnis juga patut diperhitungkan. Sebab, setiap kata dalam bisnis memiliki maksud yang berbeda”.

“Di dunia ini ada 3 kelompok negara dalam memanfaatkan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi. “Pertama, kelompok negarasejak lahir gunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional, kelompok kedua, negara yang menjadikan bahasa negaranya sebagai bahasa nasional dan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Kelompok ketiga adalah negara yang menjadikan bahasa negara sebagai bahasa nasional dan bahasa asingnya adalah bahasa Inggris”.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Hal ini mempengaruhi kompetensi SDM negara tersebut dalam bahasa Inggris. Contohnya di Malaysia, setiap usaha yang dijalankan, harus menggunakan salah satu dari bahasa Inggris, Melayu, atau China tergantung pada pasar yang mereka masuki. Namun sekitar 60% wirausahawan di Malaysia menggunakan bahasa Inggris dengan alasan lebih banyak membuka peluang internasional,” paparnya.

Kondisi geografis Indonesia yang diapit oleh negara-negara maju berbahasa Inggris juga menjadi salah satu faktor dibutuhkannya bahasa Inggris. “Inilah yang menjadi tantangan bersama khususnya mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris,” ucap dosen yang profesornya di bidang Bahasa Inggris ini.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Hotline Saran & Keluhan !