Trik Cerdas Berinvestasi di Pasar Modal Ala Alumni FEB Unisma Malang

MALANG – Alumni FEB Unisma Malang membagikan trik cerdas berinvestasi di Pasar Modal. Hal itu dilakukan pada ajang ‘Alumni FEB  Unisma Sambang kampus 2019’.

Diketahui, banyak alumni FEB Unisma yang sukses berkarir diberbagai institusi baik di pemerintah maupun instansi swasta. Salah satunya dikancah pasar modal.

Acara ini sengaja digelar di laboratorium pasar modal guna memberikan edukasi kepada mahasiswa FEB Unisma yang memiliki minat di bidang Pasar Modal dan Pasar Uang.

Wawan Setiawan alumni FEB Unisma kini bekerja di Mirae Asset Sekuritas membagikan trik cerdas berinvestasi di pasar modal kepada mahasiswa.

Wawan yang merupakan mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi FEB Unisma ini menjelaskan bahwa cerdas berinvestasi bukan sisihkan uang lalu selesai, tapi dia yang menentukan saham.

“Pilih perusahaan yang bagus, kalau sahamnya turun, dia akan recovery,” ujarnya di Gedung Laboratorium pasar Modal FEB Unisma.

Selain itu kata dia, pilihlah saham perusahaan terbuka atau emiten yang membagikan dividennya rutin tiap tahun sehingga menguntungkan investor. “Sisihkan uang, harus pilih saham bagus,” tegasnya.

Tips berikutnya yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah, ketika ingin menjadi seorang investor saham untuk jangka panjang, maka salah satu kunci sukses dalam berinvestasinya adalah dengan cara memilih saham yang benar.

“Perusahaan yang memberikan dividen tiap tahun jadi nilai bonus saham untungkan investor, cerdas dari berpengalaman lalu lihat laporan keuangan perusahaan, lalu lakukan analisa fundamental,” imbuhnya.

Menurutnya risk investment juga bisa dikelola dengan long term. “Secara jangka panjang trennya naik meski jangka pendek kadang turun,” jelas Wawan.

Sementara ibu Dekan FEB Unisma Malang Nur Diana sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar ini. Pengetahuan akan pasar modal sangat bermanfaat bagi mahasiswa FEB Unisma.

Ia mengungkapkan acara ini sebagai sarana edukasi bidang pasar modal FEB Unisma. Terlebih saat ini FEB Unisma telah memiliki fasilitas Galeri Investasi BEI sebagai sarana bagi mahasiswa maupun masyarakat untuk mengikuti edukasi dibidang pasar modal.

Dengan Galeri Investasi BEI, FEB Unisma turut andil dalam gerakan “Yuk Menabung Saham” dimana mahasiswa belajar nabung saham hanya dengan Rp. 100 ribu dapat melakukan transaksi saham.

“Alhamdulilah dari nilai Rp. 100 ribu tahun kemarin transaksi mahasiswa kita mendapat apresiasi dari BEI karena nilainya diatas 1 milyar rupiah,” ungkap Nur Diana bangga.

Ia menambahkan saat ini alumni FEB Unisma memiliki kompetensi dan kepedulian di bidang pasar modal. “Untuk itu kami sangat berharap sumbangsih alumni FEB yang kompeten dibidang ini untuk melakukan transfer knowledge agar mendukung dan memperkuat kompetensi lulusan FEB Unisma,” ungkap Nur Diana, Dekan FEB Unisma Malang.(*)

Hotline Saran & Keluhan !