UNISMA Resmikan BTN ZONE Guna Meningkatkan Usaha Kecil Menengah (UMKM)

CSR BTN ZONE

UNISMA RESMIKAN BTN ZONE GUNA MENINGKATKAN USAHA KECIL MENENGAH

Malang, 23 juli 2019 Universitas Islam Malang (Unisma) terus merangkul berbagai pihak untuk semakin memanjakan civitas akademika dan mengabdikan diri pada masyarakat. Kali ini bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) yang akan menggelar berbagai kuliah umum tentang perbankan.

Serta memberikan fasilitas pinjaman lunak umum pengadaan rumah tinggal dosen maupun karyawan, dan berkolaborasi meningkatkan Usaha Kecil Menengah (UMKM).

Hal tersebut disampaikan Rektor Unisma Prof Dr H Masykuri Bakrie MSi, seusai meresmikan BTN Zone, Selasa (23/072019), di komplek kampus kebanggaan NU ini. Menurutnya, di era kolaborasi ini, kerjasama dengan perbankan tidak hanya pada transaksi keuangan saja. Namun ada human capital dan social capital yang bisa dikerjasamakan.

Diantara kerjasama yang akan dibangun, nantinya akan digelar kuliah umum, pembayaran transaksi yang lebih dipermudah, dan pemberian pinjaman lunak untuk pengadaan rumah tinggal untuk karyawan dan dosen Unisma.

Orang nomor satu di Unisma ini kemudian mengatakan pula, “Dalam hal pengabdian masyarakat, terutama dalam pemberdayaan UMKM, akan kami berikan pelatihan manajemen keuangan, strategi pemasaran, dan branding usaha, agar usaha kecil ini terus meningkat.

Peresmian BTN Zone sendiri diakui akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa, yang di dalamnya terdapat fasilitas Free Wifi, computer lengkap dengan akses internet. Diharapkan civitas akademika menggunakannya untuk menggali info lebih dalam mengenai BTN dan Unisma sendiri.

Tak hanya itu, pihak BTN juga membangunkan Panggung Ekspresi untuk lebih menggiatkan potensi seni mahasiswa. Juga bank ini memberikan pelayanan system pembayaran digital payment di kantin Unisma. Mahasiswa tidak harus membayar langsung pembelian makanan dan minuman, cukup bertransaksi lewat gawai mereka.

“Nilai dari yang semua diberikan pihak BTN berikan pada Unisma, sebesar Rp 150 Juta,” Sambut Rektor Unisma.

Ditambahkan oleh Wakil Pimpinan Kantor Wilayah regional III BTN, I Gusti Agung Komang Trimartha, bahwa potensi kerjasama dengan Unisma sangat banyak. Sementara ini dalam waktu dekat akan digulirkan program pengadaan rumah tinggal untuk dosen dan karyawan Unisma. Pemberian pinjaman lunak ini nantinya cukup hanya potong gaji secara kolektif.

I Gusti Agung Komang menyampaikan pula, “Selama ini kami banyak bekerjasama dengan perguruan tinggi negeri, namun baru beberapa kali ini bekerjasama dengan kampus swasta. Unisma merupakan prioritas kerjasama kami.