Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (FK Unisma) terbukti merupakan fakultas yang unggul. Dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKM PPD), FK Unisma mencacatkan tujuh kali berturut-turut lolos UKMPPD 100 persen. Dekan FK Unisma dr Rahma Triliana M Kes PhD, mengatakan FK Unisma terus konsisten mencatatkan prestasi. Hal ini tentunya atas upaya berbagai pihak, termasuk para peserta yang mengupayakan hasil yang optimal.

“Alhamdulillah kemarin, ada peserta 25 orang lulus semua. Kami kampus swasta satu-satunya tanpa retaker selama 7 kali berturut-turut,” paparnya.

Pada ujian periode pertama di tahun 2022, para peserta lolos seluruhnya atau lolos UKMPPD first taker, sehingga tidak mempunyai mahasiswa yang harus mengulang. UKMPPD sendiri digelar setahun sebanyak 4 kali.

Lebih lanjut pencapaian ini, tentunya tidaklah mudah. Kontribusi rumah sakit mitra juga menjadi salah satu faktor kesusksesan ini. Rumah sakit mitra antara lain seperti RS di Bangkalan, RS Kanjuruhan Kepanjen, RS Mardi Waluyo Blitar, RS Blambangan Banyuwangi, RSI Unisma, RSJ Lawang, RS Bhayangkara Porong dan Klinik Muslimat Singosari. 

Disampaikannya pula, capaian ini juga berkat support dari para alumni FK Unisma melalui metode body partner learning. Dengan metode ini, mahasiswa yang belajar mendapatkan bimbingan dan share pengalaman dari para alumni. 

“Jadi itu semacam teman belajar yang diambilkan dari mereka kakak-kakaknya. Mereka membantu adik-adiknya lebih siap. Share pengalaman dan belajar intensif selama dua bulan,” tuturnya.

Prestasi ini, diharapkan bisa memacu fakultas lainnya dalam meningkatkan kualitas SDM yang unggul, dimana bagian dari persiapan diri sebagai World Class University.

Sementara itu, Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menyampaikan agar prestasi membanggakan ini bisa terus dipertahankan oleh FK Unisma. Untuk itu, pihaknya terus mendorong dan memberikan support penuh. 

“Seleksi penerimaan mahasiswa baru satu pintu. Murni pintu formal. Tidak ada istilah titipan,” tegasnya.

Karena itu, pihaknya juga mengatakan, bilamana menemukan adanya praktik menyimpang dalam proses masuk FK Unisma, agar melaporkan. Hal ini tentunya untuk mewujudkan seleksi yang fair.

“Jika ada oknum yang menjanjikan masuk, laporkan, akan kita tidak tegas,” pungkasnya.

sumber : https://www.malangtimes.com/baca/78295/20220324/175800/top-fk-unisma-7-kali-berturut-turut-lolos-100-persen-ukmppd

Butuh Bantuan? Chat Kami