MALANG – Hibah institusi Unisma Malang (HI-ma) 2022 menghasilkan laboratorium terpadu atau integrated laboratory, i-L. Laboratorium tersebut diharapkan dapat mendukung semangat eskosistem Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (e-MBKM). 

Tujuan awal pendirian sebagai wahana belajar mahasiswa khusus pada komoditas horikultura bebasasis pada hidroponik. Selanjutnya saat muncul wabah covid-19 dan dengan berbagai macam perkembangan serta semangat pemerintah dalam muwujudkan berbagai program belajaran, maka dirasa perlu i-L ini diekapansi dalam berbagai bidang.

Dengan keterbatasan sumberdaya yang anda, maka perlu aksi nyata untuk merespon niatan baik pemerintah dalam memanjukan generasi yang tangguh dan mandiri. Untuk itulah i-L mempunyai beberapa program guna mendukung semangat ekosistem merdeka belajar-kampus merdeka (e-MBKM). i-L diciptakan saat program dilaksanakan yang berdiri pada luas lahan 1000 m2 sebagai wahana belajar mahasiswa dalam muwujudkan program merdeka belajar.

INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.pmb.unisma.ac.id

Ada 4 pihak yang memperoleh kemanfaatan pada e-MBKM adalah terwujudnya konsep ‘pentahelix’ yang melibatkan pihak Unisma sebagai peran katalis sebesar 60% teori (scientific) yang dapat mendukung pada mata-kuliah terkait. 

Pihak i-L sebagai wahana belajar dengan model magang melalui learning by doing dalam rangka mewujudkan 40% pada aspek skill.

Pihak, kelompok sasaran pelaku ekonomi kreatif kemanfaat yang mereka terima berupa program pendampingan berupa stimulan dana usaha bergilir guna mempersiapkan kemandirian usaha pasca program berakhir.

Mitra memperoleh kemanfaat dari supply komoditas hortikulturan guna mendukung kontinyuitas permintaan konsumen. Sangat disadari bahwa program ini idealis sekali, namun kekurang-kekurang dalam mewujudkan idialisme akan dipenuhi sambil berjalan dan harapannya selalu memberikan kemanfaaatkan kepada semua pihak. 

Profil-L

Profil i-L jangka pendek, menengah dan keberlajutannya program (program sustainability), dengan bagan 1.

Pada bagan 1 ini, target tahun utama sebagai pryek percontohan adalah terbentuknya kelembagaan sebaga ‘wadah’ aktivitas-aktivitas yang telah dilakukan sejak tahaun 2008. 

‘Wadah’ ini diberikan nama laboratorium terpadu (integrated laboratory, IL) dengan aktivitas pada (i) olah singkong menjadi tepung (mocaf) hingga makanan siap saji, (ii) komoditas hortikultura melalui pola hidroponik dan (iii) aktivitas ekonomi syari’ah dengan membangun kemitraan sebagai wahana belajar bagi mahasiswa. Keterpaduan jangka panjangnya diekspansikan pada perikanan, peternakan, dan pasar produk secara on-line.

INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.pmb.unisma.ac.id

Kelemahan i-L: masih jauh dari harapan, namun tindakan riil sementara ini sebagai ‘wadah’ mahasiswa praktek kerja lapang dan/atau magang – jika diperkenanan oleh jurusan/program, maka dipersilahkan untuk dipakai sebagai media belajar.

Sangat disadari bahwa program ini idealis sekali, namun kekurang-kekurang dalam mewujudkan idealisme akan dipenuhi sambil berjalan dan harapannya selalu memberikan kemanfaaatkan kepada semua pihak. Tertunya saran dan kritik membangun sangat diharapakan. (*)

sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/397857/hibah-institusi-unisma-malang-hima-2022-hasilkan-laboratorium-terpadu

Butuh Bantuan? Chat Kami