Malang : Universitas Islam Malang (Unisma) menggelar Pembukaan Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (Oshika Maba) tahun akademik 2021/2022 yang dilaksanakan di dalam Gedung Bundar, Unisma.

Dalam rangkaian pelaksanaan tersebut, Wakil Presiden (Wapres)  Republik Indonesia, KH. Maaruf Amin, melalui pesan virtualnya mengatakan tentang penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di masa pandemi saat ini.

“Mahasiswa harus turut serta menerapkan kegiatan sosial dengan mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di masa pandemi seperti sosialisasi protokol kesehatan, menjadi relawan, vaksinator, dan penggalangan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19,” pesannya, Senin (6/9/2021).

Wapres menambahkan mahasiswa mampu mempererat persatuan dan kesatuan, khususnya di era teknologi informasi saat ini, apalagi tentang paham liberalisme, sekularisme dan radikalisme serta ajaran lain yang tidak sejalan dengan nilai Islam sangat mudah masuk serta mempengaruhi pola pikir sehingga berpotensi untuk memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Harus diwaspadai dan diantisipasi khususnya di UNISMA yang merupakan lembaga pendidikan tinggi pengampu nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Unisma, Prof. Maskuri dalam pidatonya mengatakan bahwa mahasiswa baru diharapkan mampu memanfaatkan segala fasilitas fisik maupun pendidikan di Unisma untuk membentuk karakter dan masa depan.

“Manfaatkanlah segala sesuatu yang di sini (Unisma), seperti perpustakaan, organisasi kemahasiswaan hingga pertukaran pelajar untuk meraih masa depan dan membentuk karakter anda,” katanya.

Sebagai informasi, pada tahun ini terdapat 4527 Mahasiswa Baru dari berbagai jenjang pendidikan S1, S2 hingga S3, dengan 109 Mahasiswa dari 33 negara.

Selain Orasi Kebangsaan dari Wapres, juga turut dihadirkan pidato dari Menkopolhukam Machfud MD, Mendikbudristek Nadiem Makarim, Menag Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah.

sumber : https://rri.co.id/malang/diksosbud-iptek/1178337/oshika-maba-unisma-2021-begini-pesan-wapres

Butuh Bantuan? Chat Kami