KKN-PPM Unisma : Mahasiswa Kenalkan Administrasi Desa Berbasis Digital

Dilihat Telah dilihat : 155 kali.  

KKN-Tematik Unisma Malang dilaksanakan di Dusun Tenggulunan Desa Mendalanwangi Kec. Wagir Kab. Malang. Salah satu kegiatan KKN dilakukan pembuatan Aplikasi Kas Keuangan Mushola Nurul Muttaqin di salah satu depan rumah warga dan pembuatan website pencegahan akan bahayanya penularan virus covid-19 berbasis website.

Kegiatan ini merupakan program pembuatan sistem administrasi desa berbasis digital yang dilakukan salah satu mahasiswa yang telah dibuat dalam agenda KKN-PPM Tematik di masa pandemic ini yang dilaksanakan di Dusun Tenggulunan, Desa Mendalanwangi terletak di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang yang mana bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah kinerja pembendaharaan mushola dalam proses pencatatan keuangan kas yang masuk dan keluar mushola, serta pembuatan website pencegahan akan bahayanya penularan virus covid-19 di masyarakat sekitar dengan menggunakan website.

Inisiatif kreatif ini muncul karena kondisi generasi sekarang ini yang sedang berada pada generasi 4.0. Perkembangan IT sudah sangat maju dan modern. Maka dari itu, KKN-PPM Universitas Islam Malang (UNISMA) berusaha mencoba membuat sebuah aplikasi kas keuangan mushola ini serta pembuatan website pencegahan akan bahayanya penularan virus covid-19.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Salah satu mahasiswa KKN-PPM Unisma, Nizar Subqi Hamza melakukan survey di setiap mushola dan masjid serta di rumah warga yang ada di Dusun Tenggulunan Desa Mendalanwangi. Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan masih manualnya proses pembendaharaan yang digunakan seperti pencatatan keuangan kas masuk dan keluar di buku, laporan-laporan keuangan mushola yang sangat kacau, dan pengetahuan masyarakat akan bahayanya penularan virus covid-19 yang rendah.

Serta membuat dan memperbarui informasi tentang pencegahan akan bahayanya penularan virus covid-19. Kegiatan ini dilakukan tanggal 25 Juni sampai 13 Juli 2020, bertempat di Dusun Tenggulunan Desa Mendalanwangi terletak di Kec. Wagir Kab. Malang. 

Kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan yakni: tahap pertama survey(di setiap mushola-mushola dan rumah warga), tahap kedua penanganan (Pembuatan aplikasi kas mushola dan website serta peremajaan informasi tentang data perkembangan covid-19 dari data secara realtime/terupdate menggunakan sumber dari kominfo beserta cara pencegahannya di laman website), dan tahap ketiga evaluasi.

Dari hasil pembuatan aplikasi kas mushola dan website info covid-19 serta peremajaan website tersebut dapat disimpulkan bahwasanya dengan adanya program tersebut kini bendahara mushola merasa terbantu karena dengan adanya aplikasi tersebut semua proses pencatatan kas keuangan mushola menjadi cepat, transparan, kas mushola tertata dengan baik dan laporan-laporan mushola sangat jelas.

Selain itu dengan adanya dibuatnya website tentang pencegahan akan bahayanya penularan virus covid-19 serta data informasi yang secara realtime/terupdate yang bisa dipantau setiap hari hanya menggunakan ponsel saja sehingga masyarakat desa akan lebih mengetahui perkembangannya dan cara pencegahannya dan akan lebih berhati-hati dan terus menjaga kebersihan.

Maka dari itu dengan melalui kegiatan ini diharapkan ada perubahan yang terjadi peningkatan yang lebih baik baik dari sisi pembendaharaan mushola dan masjid serta dengan adanya website informasi covid ini masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan melindungi diri dari penularan covid ini sehingga nantinya akan menjadi desa yang lebih baik dan aman dari ancaman virus. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Nizar Subqi Hamza, Mahasiswa KKN-PPM Unisma Malang Dusun Tenggulunan Desa Mendalanwangi Kec. Wagir Kab. Malang.

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/281914/mahasiswa-kknppm-unisma-malang-kenalkan-administrasi-desa-berbasis-digital

Need Help? Chat with us