Unisma Malang Gelar FGD Pusat Karir dan Strategi Penjaringan Tracer Study

Unisma Malang Gelar FGD Pusat Karir dan Strategi Penjaringan Tracer Study

Sabtu 15 Februari 2020 Unisma Malang menggelar FGD (Focus Group Discussion) pusat karir dan strategi penjaringan tracer study dengan narasumber Dr. Widyastuti, S.Si., M.Si (PPK SAC ITS) di gedung Utsman bin Affan lantai 7 Unisma Malang. Peserta dalam kegiatan ini adalah pimpinan prodi dan fakultas di lingkungan Universitas Islam Malang. Kegiatan ini dipandu oleh Unit LP2RP Unisma selaku lembaga yang menyelenggarakan tracer study tingkat universitas.

Dr. Hj. Dyah werdiningsih, M.Pd selaku ketua LP2RP UNISMA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang kami lakukan di CDC tracer study perlu komunikasi lebih intensif lagi dengan Pimpinan Fakultas. Ada hal yang penting untuk disampaikan bahwa tracer study sedang dilakukan di tingkat universitas. Namun untuk kebutuhan akreditasi data dari universitas akan didistribusikan masing-masing prodi. Hal ini dilakukan karena data ini harus diunggah di laman belmawa dikti.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

“Selama ini target respon sudah jauh melampaui yang ditetapkan yaitu 60%. Dengan FGD ini akan membahas strategi penjaringan alumni agar lebih optimal”, jelasnya. Harapan beliau Semoga kegiatan ini bisa membawa berkah dan bersama-sama menyiapkan mahasiswa Unisma Malang untuk meniti karir yang lebih cemerlang.

Dalam kesempatan ini Wakil Rektor 3 Bidang Keagamaan, Alumni, dan Kemahasiswaan Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, M.P memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan FGD. Beliau menyampaikan bahwa Suatu kampus dikatakan bagus jika memiliki alumni yang sukses. Hal ini bisa diajak melalui tracer study, masalahnya sampai hari ini kita belum terbiasa melakukan tracer study secara sungguh-sungguh.

“Pernyataan alumni menjadi alat ukur keberhasilan kampus dalam mendidik mahasiswa Unisma Malang selama ini”, jelasnya. Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini suatu Perusahaan menginginkan sarjana yang pada saat mahasiswa dulu sudah pernah bekerja. Maksudnya bekerja adalah aktivitas soft skill di luar kuliah seperti aktif dalam berorganisasi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Beliau menekankan bahwa “Parameter keberhasilan kampus adalah pendeknya masa tunggu mahasiswa yang lulus sampai mendapatkan pekerjaan, dan urusan memper pendek masa tunggu inilah yang menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengusahakannya”. “Harapan kami mahasiswa masih menjadi penggerak dalam berbagai aspek kehidupan untuk meraih masa depan yang lebih baik”.

Narasumber dalam FGD ini menyampaikan bahwa Respon rate menjadi hal yang sangat penting sebab walaupun data alumni yang di tampilkan suatu kampus bagus, namun apabila respon rate nya rendah maka hal ini belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: Dr. Hj. Dyah werdiningsih, M.Pd selaku ketua LP2RP Universitas Islam Malang (Unisma)